GM Novotel Dapati Ikan Terjebak dalam Sampah Plastik di Laut Manado

oleh -
GM Novotel Manado Bilal Chamsine, memegang ikan yang telah mati, karena terperangkap pada kemasan plastik. KORAN SINDO MANADO/ Deidy Wuisan/TR

MANADO—Accor Hotel Manado berhasil mengumpulkan sekira 460 kilogram (kg) sampah saat menggelar kegiatan bersih-bersih laut bertema Manado Ocean Cleaning, Sabtu, (13/6/3019).

Sebagai informasi Accor Hotel di Manado terdiri dari ibis Manado City Center Boulevard, Mercure Manado Tateli Resort and Convention, dan Novotel Manado Golf Resort & Convention Center.

Lewat kegiatan corporate social responsibility, ketiga hotel tersebut  mampu mengumpulkan sekira 72 kantong sampah seberat 460 kg diangkat dari perairan sekitar Manado.

Ada hal menarik saat kegiatan bersih lingkungan tersebut. Di mana general manager Novotel Manado Bilal Chamsine menemukan sebuah bungkus plastik minyak goreng yang di dalamnya ada seekor ikan yang sudah mati.

“Mungkin ikan ini terjebak di dalam plastik dan mati, saya prihatin melihatnya,” kata pria kelahiran Libanon berpaspor USA itu.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap sampah plastik Novotel Manado sendiri tengah menggiatkan program pengurangan produk berbahan plastik dimulai dari tidak menggunakan air minum berkemasan plastik,” ujarnya

Menurutnya, percuma pemerintah mempromosikan pariwisata bila masalah sampah di laut belum tuntas.

Kepada KORAN SINDO MANADO Bilal mengatakan, kesadaran masyarakat akan lingkungan khususnya laut dapat dimulai dengan tidak membuang sampah di laut dan di sungai. (deidy wuisan/TR)