Hari Pertama Sekolah, Siswa SD dan SMP di Mitra Bercelana Panjang

oleh -
Siswa SD menggunakan seragam celana panjang. (Foto:Istimewa)

RATAHAN– Pemandangan menarik terlihat di hari pertama masuk sekolah pascalibur panjang di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Sejumlah siswa khususnya di tingkatan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah Kabupaten Mitra tampil beda dengan seragam baru.

Para siswa laki-laki didapati tidak lagi menggunakan seragam bercelana pendek melainkan untuk pertama kalinya menggunakan celana panjang. Bupati Mitra James Sumendap melalui Kepala Dinas Pendidikan Ascke Benu menuturkan, pemberlakuan aturan berseragam bagi para siswa SD dan SMP dilakukan sebagaimana Surat Edaran Bupati Mitra dengan Nomor 129 Tahun 2019.

Bukan hanya siswa SD, siswa SMP di Kabupaten Mitra juga diwajibkan menggunakan celana panjang. (Foto:Istimewa)

“Jadi terhitung hari ini, para siswa laki-Lakisha SD dan SMP wajib menggunakan celana panjang. Sementara untuk wanita menggunakan rok yang panjangnya dibawah lutut,” terang Ascke Senin (15/7/2019). Pemberlakuan penggunaan seragam ini, kata dia, dilakukan sebagai upaya bupati untuk meminimalisasi tindakan kekerasan dan tindak asusila terhadap anak di bawah umur.

“Kami prihatin atas maraknya kejadian pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak-anak. Untuk itu, itu kami sudah instruksikan semua sekolah untuk pemberlakuannya sebagaimana yang edaran bupati,” ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Mitra.

Ditambahkannya, celana dan rok panjang, menurut dia, juga melatih kepribadian siswa dalam mewujudkan siswa berbudi pekerti dan berakhlak mulia. “Ini pembentukan karakter dan mental para siswa, agar terciptanya moralitas, sikap dan etika dalam berpakaian,” pungkas Ascke. (Marvel Pandaleke)