98% Peserta VSGA-DTS Manado Lulus Uji Kompetensi

oleh -
Acara penutupan DTS VSGA, kemarin. (Foto: Alfrits Semen)

MANADO – 175 peserta uji kompetensi Digital Talent Scholarship (DTS) lewat program Vocational School Graduate Academy (VSGA) Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil lulus dan dinilai berkompeten.

Peserta lulusan dari berbagai SMK di Manado ini sebelumnya mengikuti pelatihan sekira 18 hari melalui empat skema masing-masing desainer grafik muda, junior web developer, junior mobile programmer dan junior network administrator yang dipusatkan di Politeknik Negeri Manado.

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDM-Kominfo) Manado, Christiany Juditha mengatakan, ratusan peserta yang dinyatakan kompeten tersebut merupakan prestasi bagi Manado, karena dari 179 peserta hanya empat orang saja yang belum berhasil. “Sehingga mereka yang berkompeten terbukti memiliki keterampilan di bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi,” terang Juditha, pada acara penutuan DTS VSGA, kemarin.

Dia berpesan kepada para peserta agar senantiasa mawas diri. Apalagi, dunia kerja saat ini tidak hanya menuntut pengetahuan, melainkan sikap kerja dan tanggungjawab. Kepada Politeknik, Christiany juga memberikan apresiasi karena menyediakan fasilitas penunjang selama para peserta melaksanakan ujian. “Terlebih kepada para pembimbing yang kami anggap luar biasa karena berhasil membawa hampir semua peserta lulus,” katanya.

Sementara, Direktur Politeknik Negeri Manado, Ever Notje Slat, berharap ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah diperoelah peserta diaplikasikan di dunia usaha dan industri.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas SDM yang bersaing tinggi di era global sekarang,” tandasnya. (Alfrits Semen)