JS Berbaur dengan Warga, Makan di Daun Pisang hingga Dansa Polineis

oleh -
Bupati Mitra James Sumendap bersama para pejabat makan di atas daun.(Foto:Istimewa)

RATAHAN– Semarak hari kemerdekaan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ikut diwarnai pesta rakyat dengan konsep tradisional. Hal ini terlihat saat Bupati James Sumendap (JS), Wakil Bupati Yoke Legi dan jajarannya menikmati hidangan makanan beralaskan daun pisang.

Pesta rakyat ini merupakan puncak acara yang digelar di Kelurahan Lowu Dua Kecamatan Ratahan Timur usai pawai pembangunan, Senin (19/8/2019). Para pejabat terlihat begitu menikmati nuansa tradisional. Cara makan pun tidak menggunakan sendok melainkan menggunakan tangan layaknya kebiasaan warga Minahasa.

Lurah Lowu Dua Meita Ompi saat memandu acara mengungkapkan, perayaan HUT RI Ke 74 memang dirangkaikan dengan pesta rakyat. Setiap kelurahan yang ada dikecamatan Ratahan membawa makanan untuk makan bersama. “Konsepnya memang kita buat tradisional dengan menyajikan makanan diatas daun pisang,” ujar Ompi.

Tak sampai di situ, acara ikut berlanjut dengan dansa polineis. Yakni dansa tradisional yang kerap dilakukan pada acara kemasyarakatan. Bupati Sumendap dan Wakil Bupati Yoke Legi pun turut serta bersama seluruh jajaran yang hadir.

“Dapa rasa rame laeng. Suasana seperti ini harusnya yang perlu dilestarikan. Bupati dan jajarannya ikut berbaur bersama rakyat,” tukas Ayen Rambi salah satu warga setempat. (Marvel Pandaleke)