Alfamart Ajak Masyarakat Sulut Kurangi Sampah Plastik

oleh
Gerakan Bersihin Indonesia merupakan rangkaian peringatan Ulang Tahun Alfamart yang ke-20 tahun. Istimewa

MANADO—Alfamart mengajak masyarakat untuk sadar bahaya plastik sekali pakai terhadap lingkungan melalui gerakan Bersihin Indonesia.

Kegiatan itu digelar di area Car Free Daya (CFD) Kawasan Megamas Manado, Sabtu (24/8). Selain di CFD Manado juga serentak dilaksanakan di 15 kota lain. Gerakan Bersihin Indonesia merupakan rangkaian peringatan Ulang Tahun Alfamart yang ke-20 tahun.

“Gerakan ini merupakan salah satu kegiatan Alfamart pada ulang tahun yang ke-20 melalui tema #20thAlfamartUntukIndonesia,” ujar Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart.

Beragam aktivitas dilakukan oleh pasukan merah Alfamart, antara lain memungut sampah plastik di area CFD, menukarkan kantong plastik yang dibawa masyarakat dengan tas belanja go green gratis, sekaligus edukasi kepada masyarakat untuk kurangi pakai kantong plastik karena dampak negatifnya bagi lingkungan.

“Sengaja dilakukan di CFD Kawasan Megamas supaya bisa mendapat perhatian dari masyarakat banyak sekaligus dan bisa kampanye langsung soal efek negatif dari kebiasaan masyarakat yang akrab sekali terhadap plastik,” ujar Nur Rachman.

Untuk menarik perhatian masyarakat, dimeriahkan oleh pawai musik dari alat-alat bekas dan poster-poster ajakan untuk mulai hidup tanpa plastik sekali pakai lagi di keseharian.

masyarakat terlihat antusias terhadap kegiatan ini terlihat dari ramainya masyarakat yang ingin menukarkan kantong plastik yang mereka bawa dengan tas belanja go green Alfamart.

Alfamart tidak lagi memberikan secara gratis kantong plastik mulai 1 Maret lalu dengan tujuan mengurangi sampah plastik dan masyarakat beralih menggunakan tas belanja ulang pakai yang lebih ramah lingkungan.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk peduli menjaga kelestarian lingkungan, dan semoga yang dilakukan Alfamart ini sedikit banyak bisa menyadarkan masyarakat,” kata Nur Rachman.

Senada disampaikan, Deputi Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Manado I Gusti Putu Arimbawa. Menurutnya, memasuki usia ke 20, Alfamart menggelar aksi bersih-bersih di seluruh daerah Indonesia. Kita juga melakukan hal yang  sama. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih ramah dengan lingkungan. Sekaligus mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat menyebabkan penumpukan sampah,” ungkap Arimbawa.

“Mari kita cintai Kota Manado ini dengan membuang sampah pada tempatnya, dan kurangi penggunaan plastik yang berlebih. Ayo kita gunakan kantong ramah lingkungan,” katanya.

Selain kampanye pengurangan sampah plastik, juga dilakukan donor darah bagi pengunjung Car Free Day. (stenly sajow)