Amurang Miliki Depot Elpiji, Diresmikan Langsung Gubernur Sulut

oleh -
Tampak Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu saat meresmikan Depot LPG Amurang. (FOTO: Istimewa)

AMURANG – PT Elnusa Petrofin resmi mengoperasikan Depot Liquified Petroleum Gas (LPG/Elpiji) Amurang di Desa Sapa Barat, Kecamatan Tenga, Jumat (30/8/2019).

Depot tersebut diresmikan langsung Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey serta Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu (CEP).

Dalam sambutannya, Direktur Logistik,
Supply Chain dan Infrastruktur (LSCI) Pertamina (Persero) Gandhi Sriwidodo menyampaikan puji syukur bisa beroperasinya depot elpiji di Amurang.

“Pembangunan Depot di Kabupaten Minsel sangat strategis. Usulan Bupati CEP diterima yaitu agar mobil tanki Petamina pegangkut premium, pertalite, dexlite dan lainnya bisa standby ditambah di depot ini,” beber Sriwidodo.

Lanjut dia, depot ini bertujuan untuk melayani penyaluran elpiji untuk masyarakat Minsel sampai dengan Kotamobagu.
“Agar pertamina bisa maksimal dalam melaksanakan penyaluran elpiji. Ke depan di areal ini akan dilengkapi dengan tanki bahan bakar minyak. Oleh karena itu, akan dibangun tanki bahan bakar minyak untuk melayani masyarakat Minsel,” jelas Sriwidodo.

Kata dia, dengan harapan ke depannya para investor dari berbagai bidang, bisa berdatangan untuk melakukan investasi di Minsel yang nantinya akan di topang oleh Depot PT Elnusa Petrofin.

“Dengan dibangunnya depot maka sesuai dengan visi presiden akan keadilan terhadap penyaluran energi kepada seluruh masyarakat,” harap Sriwidodo.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya menyampaikan, saat ini 80% masyarakat Sulut telah menggunakan elpiji kecuali wilayah pesisir atau kabupaten kepulauan.

“Pemprov telah menyiapkan anggaran Rp11 miliar untuk membeli tabung buat guru dan ASN agar bisa menggunakan elpiji yang tidak bersubsidi sehingga masyarakat kecil bisa menikmati elpiji yang bersubsidi,” kata Dondokambey.

Dengan adanya depot ini, kata dia, maka diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Serta dengan jarak yang dekat dalam rangka distribusi maka berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi. Karena tidak lagi mengambil dari Makassar atau Bitung. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina,” pungkas Dondokambey.  (Jivlater Langi)