Dinilai Lamban, Bea Cukai Diminta Segera Tuntaskan Dugaan Kasus Pita Cukai Palsu PT Celebes Niaga Pertiwi

oleh -
Ilustrasi. (ist)

MANADO- Kinerja Bea Cukai Manado dalam penanganan kasus dugaan pita cukai palsu minuman beralkohol (minol) milik PT Celebes Niaga Pertiwi, menuai sorotan. Betapa tidak, hampir setahun kasus ini bergulir, nyaris tidak ada perkembangan berarti. Tak pelak, Ketua DPW Pelopor Angkatan Muda Indonesia (PAMI) Perjuangan Sulut, Jefrey Sorongan pun mempertanyakan penanganan kasus ini.

“Kami meminta Bea Cukai transparan sudah sejauh mana kasus dugaan pita cukai palsu PT Celebes Niaga Pertiwi yang disita sejak Oktober 2018 lalu. Jangan sampai muncul stigma di masyarakat, ada kongkalikong dalam kasus ini,” sindir Sorongan, Minggu (22/9/2019)

Dia mengungkapkan, pihaknya mulai mengendus adanya indikasi permainan dalam kasus ini. Pasalnya, kasus serupa yang menimpa Pabrik Kasegaran pada September 2018 dan tempat hiburan malam Altitude, November 2018 sudah melalui proses hukum hingga putusan di PN Manado. Anehnya, kasus PT Celebes yang terjadi Oktober, hingga kini belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami mendesak pihak Bea Cukai Manado untuk mempercepat proses pengusutan kasus dugaan pita cukai palsu ini serta meminta Polda Sulut  dan kejaksaan hingga Ditjen Keuangan untuk mengawasi proses hukum tersebut,” jelas salah satu Tokoh Adat Sulut ini.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Bea Cukai Manado melalui Plt Kasie Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Ricky Rumbewas menyatakan, penyelidikan kasus dugaan pitai cukai palsu PT Celebes Niaga Pertiwi sementara berlangsung. Hingga kini, pihak penyidik masih mengumpulkan sejumlah bukti dan saksi ahli untuk penetapan tersangka.

“Kami tegaskan, tidak ada siapa pun yang bisa mengintervensi penanganan kasus di bea cukai. Cepat atau lambat, proses hukum tetap jalan untuk kasus PT Celebes Niaga Pertiwi dan pasti ada penetapan tersangka,” tegas Rumbewas.

Dia menambahkan, kasus ini memang agak berbeda dengan penemuan pita cukai palsu lainnya yang langsung menyasar pemilik atau penjual.

“PT Celebes merupakan distributor resmi minol di Sulut. Dan saat razia bea cukai, ditemukan ada minol yang dilengkapi pita cukai sementara yang lain palsu. Untuk memastikan jumlahnya itu yang masih membutuhkan keterangan dari sejumlah pihak,” tandasnya.

Informasi dirangkum koran ini, Bea Cukai Manado melakukan penyitaan sekira 1.900 botol berbagai minol dari PT Celebes, medio Oktober 2018 lalu. (valentino warouw)