Pemprov Sulut Luncurkan Layanan PSC 119 Terintegrasi ke 15 Kabupaten/Kota

oleh -
MANADO – Satu terobosan baru dilakukan Pemprov Sulut tepat diperingatan HUT Provinsi Sulut ke-55 di Lapangan KONI Sario, Manado, Senin (23/9/2019).
Pemprov meluncurkan layanan Publik Safety Center 119 atau PSC 119. Layanan PSC 119 adalah layanan kegawatdaruratan kesehatan terpadu yang terintegrasi dengan seluruh layanan emergency di 15 kabupaten/kota.
Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, layanan PSC 119 merupakan inovasi yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat serta menunjang pariwisata.
“Apalagi ini terintegrasi ke 192 puskesmas dan 46 rumah sakit di 15 kabupaten/kota. Jadi, kalau ada masalah atau kejadian yang membutuhkan penanganan medis, maka cepat ditindaklanjuti melalui unit pelayanan terdekat,” ungkap Olly saat melaunching langsung layanan tersebut.
Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua DPRD Andrei Angouw dan Sekprov Edwin Silangen saat melaunching layanam PSC 119. (Ist)
Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo menjelaskan, layanan ini berbasis telepon 119, yang kemudian akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih yg akan membantu masyarakat memberikan advis layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan.
“Layanan ini berlangsung 1×24 jam selama 7 hari seminggu,” ungkap Kepala Dinkesda Sulut, dr Debie Kalalo.
Lanjut dia, PSC 119 upaya untuk menopang pembangunan sektor kepariwisataan di Sulut, karena telah dinyatakan sebagai daerah super prioritas dalam pengembangan kepariwisatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Sehingga Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Bapak Wakil Steven Kandouw kemudian menginstruksikan semua sektor menopang kebijakan ini,” terangnya.
Kalalo menuturkan, pihaknya menginterpretasikan dukungan pariwisata lewat layanan PSC 119.
“Semoga dengan dilaunchingnya layanan ini, kita makin dekat dengan cita-cita yakni Sulut Sehat dan Sulut Hebat” tandasnya. (rivco tololiu)