BKKBN Beri Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Kelompok BKR di Kabupaten Minsel

oleh -
Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Drs Sugiyatna saat menghadiri kegiatan pembinaan dan fasilitasi pengelolaan Kelompok BKR dan PIK-R di Kabupaten Minsel. (Ist)

AMURANG – BKKBN Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan pembinaan pada Kelompok BKR dan PIK-R di Kampung KB Desa Kilometer Tiga, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Drs Sugiyatna MM mengatakan, program ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap problematika yang terjadi di dunia remaja kini.

Olehnya, BKKBN sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab menjalan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PLBR).

“Yakni program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktekkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan Remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (Genre),” ungkap Sugiyatna, baru-baru ini.

Dia memberikan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan Kadis PP KB dan P3A beserta Jajaran atas dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan program KKBPK (Ketahanan Remaja) di Kabupaten Minsel.

“Dimana suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya remaja yang berperilaku sehat, terhindar dari resiko Triad KRR, menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera,” tukasnya.

Kemudian, lanjut Sugiyatna, program itu juga dapat menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi remaja dan teman sebayanya.

“Juga meningkatkan pengetahuan,sikap dan perilaku orang tua remaja dalam rangka pembinaan tumbuh kembang remaja,” paparnya.

Kegiatan ini ditunjang penuh Pemkab Minsel yang dihadiri langsung Kepala Dinas PPKBP3A, Netty Tumbuan. Netty sangat antusias dengan pelaksanaan program GenRe melalui pembinaan Kelompok Bina Keluarga Remaja.

“Kegiatan ini sangat baik dan positif. Apalagi berkaitan dengan program kependudukan yang juga mengudukasi para remaja mengetahui program tersebut,” ungkap Tumbuan, akhir pekan lalu.

Lanjut Tumbuan, begitu juga program KKBPK yang terus di-push BKKBN Sulut. Pihaknya terus mengawal dan memaksimalkan realisasinya di 17 kecamatan yang berada di Minsel.

“Program KKBPK ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat. Kita terus dorong dengan berkoordinasi bersama BKKBN Sulut. Apalagi program ini berkaitan dengan penyiapan SDM para generasi muda di Minsel,” tandasnya. (rivco tololiu)