Kunjungan Exportir Filipina Dorong Peningkatan Ekspor Sulut

oleh
Wakil Gubernur Steven Kandouw tampak berbincang hangat bersama para eksportir Filipina di Graha Gubernuran. (Ist)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjamu para eksportir Filipina lewat welcome dinner di Graha Gubernuran, Bumi Beringin, Manado, Senin (28/10/2019).

Wakil Gubernur Steven Kandouw menyambut langsung para delegasi Filipina tersebut yang dijadwalkan akan melakukan sejumlah agenda di daerah ini.

Para eksportir Filipina yang jumlahnya sekira 40 orang akan melakukan penjajakan kerja sama dengan para pelaku usaha di Sulut.

“Iya, mereka akan kunjungi pasar hingga Pelabuhan Bitung. Intinya, kunjungan ini sangat berarti bagi daerah untuk membuka peluang peningkatan ekspor ke Filipina,” ungkap Asisten II Setdaprov Sulut Rudi Mokoginta.

Dia menerangkan, kunjungan para eksportir Filipina tersebut merupakan satu hal positif bagi daerah.  Pasalnya, para eksportir akan meninjau sejumlah komoditas baik pertanian dan perkebunan, serta sejumlah potensi kelautan yang ada.

“Kita sudah mantapkan penyambutannya yang juga berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait,” terangnya.

Mokoginta menuturkan, sebelumnya Pemprov Sulut telah melakukan pertemuan bersama pihak KADIN, Pelindo, angkasa pura, hingga pihak Pelabuhan Bitung untuk memfasilitasi bersama kunjungan dari para eksportir tersebut.

“Pertemuan ini, kita juga rencanakan akan mempertemukan para eksportir tersebut dengan pelaku-pelaku ekspor di Sulut. Ini supaya ada hubungan baik dan koordinasi untuk mendorong ekspor Sulut ke Filipina,” ujarnya. (rivco tololiu)