DPRD Sulut Minta Pabrik Rokok Buka Pembelian Cengkih Sambut Hari Natal

oleh
Wenny Lumentut. (Ist)

MANADO- Sambut Hari Natal, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tegas mengimbau kepada perusahaan rokok membuka pembelian cengkih, demi kesejahteraan rakayat.

“Perlunya tindakan tegas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut demi kesejahteraan petani cengkih. Kesempatan ini akan dimanfaatkan oleh pedagang nakal dengan mempermainkan harga pasar pada akhirnya yang jadi korban dan menderita kerugian besar,” ujar Ketua Fraksi Nyiur Melambai, DPRD Sulut Wenny Lumentut, Rabu (30/10/2019).

Lanjut dia, campur tangan “power” politik perlu diambil guna mendongkrak nilai tambah bagi petani cengkih di Sulut.

“Anjloknya harga cengkih lebih banyak disebabkan Kondisi yang terjadi saat ini karena ada 1 ataupun 2 pabrik yang menutup pembelian,” beber dia.

Dia menjelaskan, harga cengkih yang ada sekarang sudah tidak masuk diakal lagi, karena harga sudah berada dibawah harga pokok produksi.

“Oleh sebab itu diharapkan kepada para petani agar dapat menahan penjualan hasil cengkihnya karena tahun depan harga akan naik dan akan memberikan margin yang cukup kepada para petani,” pungkas dia. (Valentino Warouw)