Gubernur Diwawancarai Eksklusif TV ABC News Australia, Buka Peluang Datangkan Banyak Turis dari Negeri Kanguru

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Staf Khusus Viktor Rarung saat memberikan pemaparan tentang pembangunan pariwisata di Provinsi Sulut kepada media TV ABC News Australia. (Ist)

MANADO – Pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) ternyata mulai menjadi lirikan banyak warga luar negeri, bahkan media internasional untuk membahasnya.

Baru-baru ini, crew TV ABC News Australia tertarik menggali jurus dan trik yang dilakukan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) dalam membangun pariwisata Sulut dengan waktu singkat, tetapi dampaknya luar biasa.

Gubernur Olly diwawancarai ekskulisif di rumah pribadinya di Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (26/11/2019).

Gubernur memaparkan langsung berbagai strategi dan upaya, serta rasa optimis pariwisata Sulut dapat berkembang hebat.

“Sulut bisa jadi Bali baru. Ini sangat mungkin, asalkan semua stakeholder dan masyarakat di daerah ini mendukung sepenuhnya,” ucap Olly kepada crew TV ABC News Australia.

Menurut Olly, potensi alam dan kearifan lokal masyarakat Sulut “yang welcome” menjadi modal awal yang sangat potensial dan strategis untuk menjadikan Sulut sebagai daerah tujuan wisata favorit di Indonesia setelah Bali dan daerah lainnya.

“Wilayah kami ini orangnya murah senyum, alamnya subur dan keamaman sangat kondusif dengan keanekaragaman kekayayaan hutan dan hewan langka yang menarik untuk di kunjungi,” ungkapnya.

Lanjut dia, dengan perhatian dan dukungan kebijakan keuangan dari Pemerintah Pusat yang tercermin dari isian DIPA yang mencapai Rp24 triliun lebih itu, maka dengan konsep pembangunan bertahap dan berkelanjutan, maka sektor Pariwisata KEK Likupang akan mendapatkan alokasi yang cukup besar.

“Dalam rangka menggapai target  1 juta Wisatawan mancanegara pada tahun 2025, maka Pembangunan sarana dan prasarana fisik KEK Likupang dan Destinasi wisata lain di Sulut akan menjadi skala prioritas pembangunan yang kami lakukan saat ini,” ujarnya.

Dia berharap, semua SKPD terkait serta seluruh stakeholder kepariwisataan di Sulut harus mengambil peran secara kreatif dan maksimal sesuai tupoksi masing-masing dalam pembangunan pariwisata daerah.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Sulut Victor Rarung menjelaskan, bahwa kedatangan crew TV ABC News asal Australia ini, menjadi satu parameter bahwa potensi dan geliat pariwisata yang digalakkan Pemprov Sulut lewat terobosan OD-SK telah mendunia dan menjadi perhatian media massa kelas dunia.

“Crew TV kelas internasional ini, kagum kemampuan gubernur dalam membeberkan progres dan strategis pembangunan pariwisata di Sulut secara singkat, namun jelas,” tandas Rarung.

Pemerhati pariwisata Sulut Anderson Manoppo menilai, wawancara eksklusif media Australia dengan Gubernur Olly dapat berdampak baik untuk peningkatan kunjungan wisatawan dari Negeri Kanguru tersebut ke Sulut.

“Sekarang ini turis Australia banyak berada di Bali. Mungkin adanya tayangan lewat wawancara tersebut, bisa menarik perhatian bagi warga Australia untuk berlibur menikmati keindahan dan potensi wisata di Sulut,” tuturnya.

Dia mengakui, pariwisata Sulut bisa menyaingi Bali asalkan dikelola dengan baik dengan sinergi dan koordinasi dari stakeholder serta pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota.

“Kita punya banyak potensinya, baik budaya, kesenian, wisata alam, religi dan lainnya. Ini harus dikembangkan dengan baik supaya bisa mendorong lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke daerah ini,” tandasnya. (rivco tololiu)