Dipercayakan Penjabat Sekda, Ronald Sorongan Jadi ‘Panglima’ ASN Minahasa

oleh -
Penjabat Sekda Minahasa Ronald Sorongan foto bersama para pejabat di lingkungan Pemkab Minahasa usai pelantikan. (Ist)

MINAHASA – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut, Ronald Sorongan dipercayakan menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa. Sorongan dilantik langsung Bupati Royke Oktavian Roring (ROR) di ruang Sidang Setdakab Minahasa, Selasa (10/12/2019).

Bupati ROR mengatakan, Ronald Sorongan yang merupakan birokrat potensial Pemprov Sulut kini menjadi ‘panglima’ Aparatur Sipil Negara (ASN) di tanah Toar Lumimuut.

“Marilah kita bekerja bersama-sama, kalau di tugas teknis punya pengalaman lain, namun di urusan kewilayahan ada tantangan lain,” ungkap ROR.

Dia menuturkan, tugas seorang sekda di wilayah Kabupaten Minahasa di samping mengkoordinasi berbagai urusan di sektor maupun SKPD, yang di dalamnya ada sekira 25 kecamatan dan 270 desa/kelurahan.

“Kiranya cepat beradaptasi, dan tak lupa berkoordinasi bersama Forkopimda Minahasa,” ujarnya.

Bupati ROR juga berterima kasih dan apresiasi atas karya dan tugas Penjabat Sekda Minahasa sebelumnya, Frits Muntu, yang telah menjalankan tugas dengan baik sampai masa pergantian sekarang.

“Terima kasih bagi pak Frist yang telah bekerja maksimal sewaktu menjabat Penjabat Sekda Minahasa,” terangnya, sembari menyebut dalam pengangkatan sekda terjadi perubahan sesuai Permendagri Nomor 91 tahun 2019.

Penjabat Sekda Minahasa Ronald Sorongan sendiri berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan baginya terkait jabatan tersebut.

“Intinya, saya akan cepat beradaptasi dan menjalankan tugas dengan sebaik mungkin,” singkatnya.

Turut hadir dalam pelantikn Penjabat Sekda Minahasa tersebut, yakni Ketua TP-PKK Minahasa Fenny Lumanauw, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Minahasa Ellen Kumentas, Kepala BKD Sulut Femmy Suluh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut Marley Gumala, Forkopimda Minahasa dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Minahasa.(rivco tololiu)