Terkesima Pemaparan Wagub Soal Potensi Daerah, Investor Eropa Bakal Serbu Sulut

oleh
Wakil Gubernur Steven Kandouw menandatangani MoU dengan dengan Arkitech Group di pertemuan sekira 150 pelaku usaha yang tergabung dalam King Networking di Amsterdam, Belanda. (Ist)
MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) tak henti mempromosikan potensi daerah ke pihak luar untuk mendatangkan investasi.
Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw menghadiri pertemuan bersama 150 pelaku usaha dari negara-negara Eropa, yang tergabung dalam King Networking di Mariott Hotel Amsterdam, Belanda, Jumat (13/12) lalu.
Kesempatan itu, Kandouw memaparkan lewat presentasi potensi-potensi daerah, termasuk perkembangan ekonomi Sulut dan potensi investasi yang bisa dikerjasamakan.
Begitu juga dengan sektor pariwisata dan energi terbarukan di Sulut yang akan dikembangkan ikut dipaparkannya. Kandouw menyebut pengembangan sektor tersebut butuh investasi dari Eropa.
“Negara-negara Eropa sangat concern dengan konsep sustainable tourism dan renewable energy,” ungkapnya.
Disamping itu, dalam pertemuan di Amsterdam, Kandouw juga mendandatangani MoU di sektor energy terbarukan dengan Arkitech Group.
“PT Aritech bakal memanfaatkan sisa-sisa hasil pertanian untuk dijadikan energi listrik,” tuturnya.
Dia mengakui, Pemprov Sulut sendiri akan mempelajari segala materi dan dokumen kerja sama tersebut.
“Apa saja yang diajukan itu akan langsung saya sampaika ke pak Gubernur Olly Dondokambey,” ungkapnya.
Kandouw menjelaskan, khususnya untuk energi ramah lingkungan, satu proyek bisa berdampak pada tiga aspek yakni pariwisata, daur ulang dan energy, serta untuk pengembangan komunitas masyarakat.
“Pastinya, lebih banyak investasi yang masuk ke daerah ini akan berdampak baik dalam peningkatan perekonomian daerah dan masyarakat sendiri. Kita sangat terbuka dengan investor dan akan diberikan karpet merah asalkan sesuai pada aturannya,” Pungkas Kandouw.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulut, Frangky Manumpil mengatakan, pemaparan Wagub Kandouw dihadapan ratusan pelaku usaha dari negara-negara Eropa akan berdampak baik mendatangkan banyak investor ke Sulut.
“Para pelaku usaha terkesima mendengar pemaparan pak Wagub Kandouw soal potensi investasi di Sulut. Apalagi daerah ini sangat giat-giatnya dalam pengembangan pariwisata, dan sangat aman dengan masyarakatnya yang ramah,” ucap Manumpil. (rivco tololiu)