Apel Perdana 2020 Pemkot Bitung, Empat ASN Alpa

oleh -
Wali Kota Bitung Max J Lomban memberikan arahan pada apel perdana 2020 Pemkot Bitung, di GOR Manembo-nembo Bitung, Senin (6/1/2020). (FOTO: Yappi Letto)

BITUNG – Pelaksanaan Apel Perdana tahun 2020 Pemkot Bitung Senin (6/1/2020) di GOR Manembo-nembo Bitung, tak sepenuhnya dihadiri para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini dikatakan Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP-SDM), Steven Suluh.

“Dari 3.089 orang ASN, yang hadir 3.042, sedangkan 47 orang lainnya tidak hadir, sakit 4 orang, cuti 5 orang dan izin 3 orang, sedangkan piket/lepas jaga 28 orang, tugas belajar 3 orang, tanpa keterangan (Alpa) 4 orang,” ujar Suluh.

Ditanyakan sangsi bagi para ASN yang tidak hadir, Suluh mengatakan, akan diberikan tindakan sesuai aturan yang berlaku. “Tetap mengacu di PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai, kami berikan teguran lisan, dan tertulis,” tuturnya.

Terpisah, pengamat masalah sosial Kota Bitung, Buang Luntungan mengatakan, ASN seharusnya memberiakn contoh yang baik, tapi pihak BKP-SDM juga harus berani berikan sanksi tegas. “BKP-SDM jangan hanya gertak saja, berikan sanksi untuk ASN yang malas ini,” ujarnya. (Yappi Letto)