Disnakertrans Sulut Targetkan 80-100 Perusahaan Ikut Manajemen K3

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang dengan baik menerapkan manajemen K3 di peringatan Bulan K3 di Kantor Gubernur Sulut, waktu lalu. (Ist)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar banyak kegiatan untuk menyukseskan Bulan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) yang akan mulai dilangsungkan pada 12 Januari hingga 12 Februari 2020.

Kepala Disnakertrans Erny Tumundo mengatakan pihaknya akan mulai melangsungkan kegiatan di Bulan K3 dengan melibatkan perusahaan dan serikat pekerja di Sulut.

“Jumat nanti kita akan olahraga bersama mitra kerja. Kita akan kolaborasi menyemarakan Bulan K3,” ungkap Tumundo, Senin (13/1/2020).

Dia menuturkan, tim Disnakertrans Sulut akan turun ke lapangan guna mengecek kesiapan perusahaan di Sulut terkait zero accident.

Lebih lanjut dikatakannya, tim disnaker akan turun ke lapangan mengecek kesiapan perusahaan-perusahaan di Sulut terkait dengan zero accident.

“Target kita 80-100 perusahaan sudah mengikuti management K3,” tuturnya.

Adapun acara puncak K3 untuk tingkat Provinsi Sulut direncanakan digelar pada18 Februari 2020.

“Untuk waktunya memang tentatif sesuai dengan waktunya pimpinan. Kami berupaya pak gubernur yang hadir dan menyerahkan langsung penghargaan K3 perusahaan,” paparnya.

Tumundo menambahkan, perusahaan-perusahaan yang mendapatkan penghargaan K3 tingkat provinsi akan diusulkan ke pusat. Untuk bisa diikuti seleksi perusahaan mendapatkan penghargaan K3 nasional.

“Belum tahu kuotanya berapa tapi ketika ada 40 perusahaan yang mampu menerapkan management zero accident maka kepala daerah dalam hal ini gubernur dapat penghargaan pembina K3,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Gubernur Olly Dondokambey sendiri sudah pernah meraih penghargaan Pembina K3 Terbaik tahun 2019.

“Tahun lalu ada 47 perusahaan yang mampu bersaing di tingkat nasional. Mudah-mudahan tahun ini lebih baik lagi,” pungkasnya. (rivco tololiu)