Sekdaprov Silangen Beber Capaian dan Prestasi Pemerintahan OD-SK

oleh -
Sekdprov Edwin Silangen saat dimintai keterangan para awak media. (ist)

MANADO – Sekdaprov Edwin Silangen memaparkan capaian dan prestasi yang ditorehkan selama empat tahun berjalan pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), Selasa (21/1/2020).

Silangen menjelaskan, kekompakan duet OD-SK menghasilkan banyak terobosan dan capaian berarti menunjang pembangunan yang mensejahterakan masyarakat di Bumi Nyiur Melambai.

Kata dia, seperti halnya jika dilihat dari ukuran makro, dimana angka kemiskinan menurun dari awal kepemimpinan OD-SK yang berada di angka 8,9% tahun 2016.

“Pada akhir tahun 2019, angka kemiskinan dapat ditekan di kisaran 7,25%, atau turun satu digit. Artinya, orang miskin di Sulut berkurang,” ungkapnya.

Lanjut birokrat potensial ini, untuk angka kemiskinan turun diikuti dengan Pertumbuhan Ekonomi (PE), dimana PE Sulut berada pada angka 6% di atas nasional 5%. Khusus untuk perekonomian, kata Silangen, Pemprov Sulut mampu menekan gejolak harga di pasar atau biasa disebut dengan inflasi.

“Ini berkaitan dengan daya tahan dan daya beli masyarakat Sulut. Bahkan di akhir Desember 2019 kemarin kita malahan deflasi sehingga secara year on year menembus 3%,” bebernya.

Silangen mengakui, selain mampu menekan inflasi, ODSK juga turut menjaga stabilitas daerah. Menurutnya, ini keberhasilan yang sangat luar biasa, karena masyarakat bisa berinteraksi dengan lancar tidak ada perbedaan yang menjadi konflik.

“Kondusifitas masyarakat yang stabil membuat pergerakan di sektor pariwisata meningkat drastis. Khusus turis dari luar negeri yang ke Sulut hampir 200 ribu orang. Kalau dibandingkan dengan lalu hanya 40 ribu. Ini kan bawa efek ganda ke masyarakat termasuk ekonomi,” akunya.

Sementara itu, berkat perjuangan OD-SK sejumlah harga komoditas daerah sudah mulai stabil. Tak hanya itu saja, angka Indeks Pambangunan Manusia (IPM) mampu dipertahankan.

“Bisa dipertahankan di angka 72. Baik itu dari sisi pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat. Berbagai keberhasilan yang dibuat ODSK dijalankan sesuai dengan RPJMD 2016-2021 yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Meski begitu, Silangen mengatakan masih ada pekerjaan rumah yang akan capai sesuai dengan RPJMD. “Ya, mudah-mudahan bisa capai target,” tandasnya. (rivco tololiu)