KPU Perkenalkan Si Maleo sebagai Maskot Pilkada Bolsel

oleh -
Tampak Bupati Bolsel, Ketua Komisioner KPU Bolsel bersama komisioner lainnya, Ketua Bawaslu Bolsel, Kapolres, Ketua Pengadilan Agama dan Tokoh Masyarakat saat bersama-sama menekan tombol Launching Pilkada Bolsel 2020. (Irfani Alhabsyi)

BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (23/1), menggelar Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bolsel tahun 2020.
Dalam kegiatan Launching tersebut KPU turut memperkenalkan Si Maleo sebagai Maskot Pilkada Bolsel. Dalam sambutannya,  Ketua KPU Bolsel, Stenly Eskolano Kakunsi mengatakan dipilihnya burung Maleo, atau Marcocepalon Meleo sebagai maskot Pilkada Bolsel dilihat dari keunikannya sebagai salah satu satwa endemik sulawesi yang kini keberadaannya terncam punah. Selain itu, burung yang dikenal memiliki ukuran telur lima kali lebih besar dari telur ayam tersebut populasinya ada di Bolsel tepatnya di taman Nasional Nani Wartabone, di Desa Torosik dan Molibagu. “Karena keberadaannya di Bolsel ada, makanya kita gunakan burung endemik ini sebagai maskot Pilkada Bolsel 2020,” ungkapnya.
Lanjut Eskolano mengatakan, kegiatan Launching ini menjadi bagian dari amanat undang-undang, dimana pada setiap pelaksanaan tahapan Pimilu dilaksanakan terbuka dan transparan. “Hal itu sebagai bentuk komitmen KPU sebagai penyelengara Pemilu untuk menjaga integritas,” ungkapnya.
Dikatakannya lagi, sebagai mana kata ketua KPU-RI, bahwa kita berkerja sebagaimana layaknya berada di aquarium. “Semua harus dilaksanakan transparan. Terlebih pada pengelolaab anggaran hibah yabg kucup besar untuk suksesi Pilkada tahun ini, itu akan kita buka akses ke publik terkait dengan pengunaan anggaran.”tegasnya.
Pihaknya berharap semua stakeholder untuk bersama-sama dengan KPU dalam suksesi pilkada.” Kritik, saran dan masukan sangat dibutuhkan demi integritas dan suksesi pesta demokrasi ini. sehingga itu kita butuh kersamanya dengan semua stakeholder,” pungkasnya.
Sementara itu Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru dalam sambutannya menghadiri Launching Pilkada Bolsel 2020 ini menyampaikan, apresiasi kepada KPU yang telah menyelenggarakan acara. Bupati juga menghaturkan terima kasih kepada KPU Kabupaten Bolsel yang telah memilih Burung Maleo sebagai maskot Pelkada Bolsel 2020 dimana ini turut mempromosikan potensi wisata di Bolsel. “Kita harus mengapresiasi dengan pemilihan maskot ini, karena seperti kita ketahui bersama, Bolsel menjadi salah satu, bahkan satu-satunya daerah yang keberadaan burung endemik ini masih terjaga baik,” ujarnya.
Bupati mengajak seluruh pihak bersinerji dan bekerjasama menyukseskan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada. “Mari kita sukseskan Pilkada Bolsel ini. dan mari kita ciptakan kondisi aman dan damai pada pesta demokrasi ini,” imbuhnya.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua dan anggota DPRD Bolsel, Kapolres Bolsel,  Ketua Pengadilan Agama Kab. Bolsel, Pimpinan dan Anggota Komisioner KPU Bolmong dan Boltim, para Asisten Setdakab Bolsel, Pimpinan OPD, Camat dan Sangadi se Bolsel, tokoh masyarakat dan pemuda, perwakilan ormas pelajar dan masyarakat. (irfani alhabsyi)