Ini Resep Sukses KPU Manado Laksanakan Hitung dan Cek Syarat Dukungan Bakal Paslon Perseorangan Pilwako 2020

oleh -
Petugas KPU Manado (baris kanan) saat melakukan tugas menghitung dan mengecek syarat dukungan bakal paslon perseorangan. (FOTO: Valentino Warouw)

MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado mempunyai resep dalam melaksanakan hitung dan cek syarat dukungan bakal pasangan calon (Paslon) perseorangan Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020.

Diketahui, ada sebanyak 33.147 dukungan yang dimasukan oleh bakal paslon perseorangan Wali Kota dr Franky V.T Kambey dan Wakil Wali Kota Manado dr Daud Kirojan ke KPU Kota Manado pada 20 Februari 2020, yang harus di hitung dan cek kembali. Pun, hingga Jumat 21 Februari 2020 larut malam masih dalam proses hitung dan cek syarat dukungan.

“Paling penting adalah menjaga kesehatan dari petugas yang akan melaksanakan hitung dan cek syarat dukungan. Kami berikan vitamin serta makanan-makanan bergizi ke petugas,” terang Komisioner KPU Manado Sahrul Setiawan juga sebagai Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, kepada SINDOMANADO.COM, Jumat (21/2/2020), malam.

Lanjut dia, selain itu dalam melakukan pekerjaan tersebut kami membagi dua shift kerja, dimana shift pertama bekerja setengah hari dan dilanjutkan dengan shift kedua.

“Nanti petugas yang sudah tidak bertugas wajib istirahat tidak bisa bermain handphone ataupun nonton tv, harus istirahat dan makan-makanan bergisi serta vitamin,” jelas dia.

“Sudah ada beberapa KPU Kabupaten/Kota datang datang menyaksikan proses hitung dan cek syarat dukungan langsung di KPU Kota Manado, kami sudah menjelaskan caranya dan prosesnya serta apa-apa yang akan dilakukan, sehingga mereka bisa menerapkan di KPU Kabupaten/Kota,” pungkas dia.

Sebagai referensi, untuk minimal syarat dukungan yakni 30.885 yang tersebar minimal di enam kecamatan. Bakal Paslon perseorangan sendiri memasukan 33.147. (valentino warouw)