Delapan Hari Berlalu, Satgas Covid-19 Sulut Belum Terima Hasil Laboratorium 62 Sampel Dugaan Korona

oleh -
Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel saat memberikan keterangan resmi dalam konferensi pers, Senin (23/3/2020). (FOTO: VW)

MANADO- Delapan hari berlalu, hasil laboratorium sekira 62 sampel dugaan Covid-19 (virus korona) yang sudah dikirimkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) belum juga diterima Satgas Covid-19 Provinsi Sulut. Termasuk hasil laboratorium pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang saat ini diisolasi di RSUP Prof Kandou Manado.

“Untuk seluruh hasil laboratorium yang dikirimkan sejak 15 Maret, saya belum dapatkan jawaban. Untuk alasannya, saya tidak tahu,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel, saat konferensi pers, Senin (23/3/2020).

Menurut Dandel, biasanya butuh 4-5 hari baru keluar hasilnya. Informasi dari litbangkes, per hari sekira 1.000-1.500 sampel yang diperiksa. Satu sampel diproses paling cepat enam jam sampai dengan 12 jam. “Sejak kemarin, tujuan pengiriman sampel dirubah ke Eijkman Institut for Molecular Biology  di Jakarta Pusat, RS dr Cipto,” bebernya.

Dia menjelaskan, sesuai yang diumumkan oleh pemerintah pusat bahwa kasus yang terkonfirmasi untuk Provnisi Sulut baru satu dan tidak ada ketambahan. Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah dua orang.

“Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP), hingga pukul 14.00 Wita berjumlah 249,” pungkas Dandel. (valentino warouw/get)