BTKL-PP Kelas 1 Manado Akan Segera Difungsikan untuk Periksa Sampel Swab

oleh
Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Sulut. (FOTO:FR)

MANADO— Laboratorium yang ada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas 1 Manado akan segera difungsikan untuk memeriksa sampel swab dari pasien yang ada di Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Satgas Covid-19 Sulut, dr Debbie Kalalo melalui Juru Bicara, dr Steaven Dandel, yang mengatakan bahwa persiapan di BTKL-PP sudah final.

“Alat-alat semua sudah tiba, kemarin kami sudah cek, empat petugas yang dilatih di Jakarta dan Surabya sedang dikarantina 14 hari di rumah singgah sesuai dengan protokol” ujar Dandel, Minggu (12/4/2020).

Lanjut dia, empat petugas yang akan khusus memeriksa sampel swab Covid-19, wajib dikarantina sementara. “Harus diisolasi dulu sementara sampai kemudian terbukti tidak ada gejala (Covid-19) dan baru mereka bisa menjalankan pemeriksaan (Sampel swab) ini, jadi kita tinggal tunggu kesiapan mereka selesai karantina kemudian bisa running (Menjalankan tugas di BTKL-PP Kelas 1 Manado,” paparnya. Dia berharap agar laboratorium yang ada di BTKL-PP tersebut sudah bisa difungsikan akhir minggu depan. (Fernando Rumetor/tr-04)