7 Warga Kotamobagu Belum Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dandel: Harus Menunggu Hasil Swab

oleh
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel. (Dok Sindomanado.com)

MANADO – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel menegaskan, tujuh warga Kotamobagu yang diperiksa alat rapid test belum terkonfirmasi poisitif virus korona (Covid-19).

“Ketujuh warga tersebut sudah dilakukan pemeriksaan lewat rapid test dan hasilnya reaktif. Itu bukan berarti sudah positif Covid-19. Karena untuk status terkonfirmasi positif harus dari hasil pemeriksaan swab,” terang Dandel, Selasa (14/4/2020).

Dia menjelaskan sesuai update data terbaru untuk perkembangan kasus poisitif korona di Provinsi Sulut masih tetap 17 kasus.

“Kalau PDP jumlahnya 40 orang dan ODP 276 orang,” tuturnya.

Tim Gugus Tugas Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Kotamobagu mengumumkan bahwa tujuh orang warga Kotamobagu dinyatakan positif virus korona (Covid-19) berdasarkan hasil Rapid Test. Ketujuh orang ini merupakan jemaah tablig yang ikut dalam acara Ijtima di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu Tanty Korompot saat konferensi pers di Kantor Wali Kota, Selasa (14/4) mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu telah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di dengan melakukan screening menggunakan Rapid Test pada 13 April 2020 terhadap jemaah tablig yang mengikuti acara Ijtima di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

“Dari 52 orang yang di-screening, didapatkan hasil tujuh orang positif dalam pemeriksaan rapid test. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan Swab tenggorokan dan hidung untuk menegakkan diagnosa pasti dari Covid-19,” ujarnya. (Yusuf/Rivco)