Kompak Sisihkan Gaji, TNI dan Polri di Sulut Bantu Warga Terdampak Korona

oleh -
Tampak, penyaluran bantuan dari TNI/Polri kepada ratusan petugas kebersihan di Kota Manado. (Istimewa)

MANADO – Wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak ekonomi akibat wabah virus korona (Covid-19), TNI dan Polri di Sulawesi Utara (Sulut) bersinergi untuk berbagi rejeki dan menyalurkan bantuan kepada ratusan petugas kebersihan di Kota Manado, Kamis (16/2/2020).

Penyaluran bantuan tersebut bertempat di halaman Mapolda Sulut. Masing-masing penerima bantuan mendapatkan 5 kilogram (kg) beras, 2 kg minyak goreng dan mie instan.

Kegiatan sosial ini dihadiri para pimpinan TNi dan Polri, yaitu Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Danlantamal VIII Manado, Brigjen TNI Marinir Donar Philip Rompas dan Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.

“Kita ingin berbagi kasih dalam bentuk sederhana. Apa yang TNI-Polri punya kita sisihkan dari gaji, rejeki yang ada kami kumpulkan dan kami memberikan dalam bentuk kepedulian berbagi rasa. Mungkin ini tidak begitu besar artinya, tapi ini adalah bentuk kepedulian kami untuk meringankan bencana akibat wabah Covid-19 yang sudah memakan beberapa korban jiwa meninggal dunia, dan sekarang juga masih banyak yang terbaring di rumah sakit,” ujar Kapolda Lumowa.

Selain itu, lanjut dia, akibat wabah Covid-19 ini, juga berdampak pada ekonomi masyarakat di seluruh belahan nusantara, khususnya di Provinsi Sulut.

“Mari kita bersama-sama dengan kegiatan ini tentu sedikit banyak dapat meringankan beban kita semua,” ucap mantan Kapolda Maluku ini.

Apresiasi pun disampaikan pimpinan TNI di Sulut. “Terima kasih kepada Kapolda yang sudah menginisiasi acara ini walaupun kesibukan kami, tapi Kapolda masih memikirkan untuk merencanakan kegiatan bakti sosial TNI-Polri. Tujuan dari kegiatan bakti sosial ini mudah-mudahan dapat meringankan kebutuhan dari bapak-ibu sekalian,” ucap Pangdam Matondang.

Ucapan yang sama juga dilontarkan Danlantamal VIII Manado. Ia berharap bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban warga di tengah pandemi corona.

“Tidak banyak yang diberikan namun ini bentuk perhatian dari TNI Polri kepada masyarakar yang sekarang tidak henti hentinya bekerja untuk kebersamaan, untuk kebersihan dan apa saja yang bisa dikerjakan dalam situasi seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Danlanudsri mengatakan, sebagaimana semboyan Sam Ratulangi yaitu Sitou Timou Tumou Tou, bahwa manusia hidup untuk menghidupkan orang lain.

“Dari sini torang berangkat, jadi torang kase berbagi rejeki,”tuturnya.

Terpantau pelaksanaan kegiatan di halaman Mapolda dilaksanakan dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak, menggunakan masker serta menyiapkan handsanitizer.

Bantuan juga datang dari organisasi kewanitaan di masing-masing Kesatuan, diantaranya Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini.

Selain penyaluran bantuan, TNI dan Polri juga membagikan sembako di tiga lokasi berbeda, yaitu Terminal Malalayang, Pusat Kota Manado dan warga di sekitar TPA Sumompo Manado. Sembako dibawa oleh 3 mobil box Polri. (deidy wuisan)