Rumah Sakit Rujukan di Sulut Rawat 58 Orang PDP Virus Korona

oleh -
(Ilustrasi: Istimewa)

MANADO- Sejumlah rumah sakit (RS) rujukan di Sulawesi Utara (Sulut) tengah merawat sebanyak 58 orang pasien dalam pengawasan virus korona (Covid-19). Jumlah tersebut dirilis Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (18/4/2020).

“Di RSUP Prof Kandou ada 22 orang, RS Bhayangkara 5 orang, RSUD Anugerah Tomohon 10 orang, RS Wolter Monginsidi 1 orang, RSUD Sam Ratulangi Tondano 3 orang, RSUD Pobundayan Kota Kotamobagu 5 orang. Kemudian RSUD Walanda Maramis 2 orang, RSUD Bolmut 2 orang, RS Pancaran Kasih Manado 5 orang, RSUD Datoe Binangkang Bolmong 1 orang, RS Bethesda 1 orang dan RS Noongan 1 orang,” jelas Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut Bagian Epidemiologi, dr Steaven Dandel dalam konferensi pers virtual.

Kata dia, jika dilihat dari pembagian per kabupaten/kota, maka PDP yang berasal dari Manado sebanyak 13 orang, Sitaro 1 orang, Tomohon 9 orang, Minahasa 9 orang, Minut 7 orang, Bolsel 1 orang, Minsel 1 orang, Kotamobagu 5 orang, Bolmut 2 orang, Mitra 1 orang, luar wilayah 2 orang, serta PDP yang masih dalam verifikasi data ada 7 orang.

Menurut Dandel, dari Jumat hingga Sabtu sore, pihaknya menerima laporan bahwa ada 4 PDP yang meninggal dunia. “Yang di RSUP Prof Kandou terdiri dari dua orang, yang satu asal Minahasa dan satunya asal Minut. Kemudian di RSUD Anugerah ada satu orang yang meninggal asal Minahasa, dan dari RS Bethesda ada satu orang yang meninggal asal Tomohon,” tuturnya.

Sementara itu, selama ini Gugus Tugas Covid-19 Sulut telah memantau 909 orang dalam pemantauan (ODP), 653 orang diantaranya sudah selesai dipantau. “Jadi yang sementara dipantau masih ada 256 orang,” ujar Dandel.

Untuk pelaku perjalanan yang berhasil dinotifikasi pada Jumat (17/4/2020) sebanyak 279 orang serta terdapat 35 orang yang sementara dikarantina dan dipantau di rumah singgah yang berlokasi di Kantor Diklat Maumbi. (Fernando Rumetor/tr-02)