Dinkesda Sulut Selidiki Fenomena Tertularnya Pasien ke-41 Warga Manado

oleh -
(Ilustrasi/Istimewa)

MANADO – Tim Surveillance Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sedang menyelidiki fenomena tertularnya virus korona (Covid-19) ke pasien nomor 41 yang merupakan warga Kota Manado.

Pasalnya, pasien laki-laki berumur 68 tahun tersebut, tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan transmisi lokal. Artinya, belum tahu persis siapa yang menulari atau dari siapa pasien ke-41 tersebut tertular Covid-19?

“Terkait pasien ke-41 itu, kami sedang dalami untuk mencari tahu femomena penularannya hingga pasien tersebut bisa tertular Covid-19. Tim Surveillance Dinkesda Sulut sedang menyelidiki epidemiologi untuk dapat menjelaskan fenomena tersebut,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, Selasa (28/4/2020).

Sekedar diketahui, per 28 April 2020, pasien terkonfirmasi positif korona di Provinsi Sulut bertambah tiga hingga totalnya menjadi 43 kasus. Tiga pasien baru positif korona tersebut yakni, pasien 41 adalah laki-laki berumur 68 tahun warga Manado, yang tidak memiliki riyawat perjalanan dari daerah dengan transmisi lokal.

Kedua, pasien 42, yakni perempuan berumur 48 tahun asal Manado yang merupakan karyawan fasilitas kesehatan di Kota Manado. Ketiga, yaitu pasien 43, seorang perempuan umur 73 tahun asal Tomohon, yang Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT) dari pasien 36.

Meski begitu, total pasien sembuh sudah mencapai 12 orang, setelah satu pasien nomor 20 asal Minahasa Utara (Sulut) sudah dinyatakan sembuh. (Fernando/Rivco)