Satu Warga Bolmut Positif Covid-19, Kontak Erat dengan Anggota Keluarga yang Datang dari Jatim

oleh
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali memperbaharui data penanganan pandemi virus korona (Covid-19). Berdasarkan data terbaru per 30 April 2020, Sulut ketambahan satu pasien baru yang terkonfirmasi positif tertular Covid-19.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, pasien positif yang diumumkan adalah pasien ke-45 warga Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut). Kata Dandel, pasien tersebut sebelumnya tidak memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan transmisi lokal.

“Tetapi ada riwayat kontak erat dengan keluarga yang tiba dari daerah dengan transmisi lokal yang juga sudah menjadi kluster di Provinsi Jawa Timur (Jatim),” ujarnya saat video konferensi bersama wartawan, Kamis (30/4/2020).

Lanjut Dandel, terkait kontak erat dari pasien ke-45 yang merupakan kluster di Jatim, dijelaskannya bahwa kluster tersebut berkaitan dengan salah satu institusi pendidikan keagamaan yang ada di Jatim.

“Kasus 45 terkait dengan kluster ini, dan kebetulan yang bersangkutan langsung masuk ke ruang isolasi tanpa ada banyak kontak dengan orang pada saat itu. Kemudian sebagian besar dari mereka yang kontak dengan pasien 45 ini, justru sudah ada di ruang isolasi di RDUD Bolmut di Boroko,” jelas Dandel

Kemudian, orang-orang yang kontak dari pasien ke-45 tersebut sudah di rapid tes dan terdapat tujuh orang yang reaktif, akan tetapi setelah di lakukan tes swab, ketujuhnya menunjukan hasil yang negatif.

“Jadi kita sudah kontak dengan tim surveilance yang ada di Bolmut karena mereka yang akan melakukan pencarian kontak generasi kedua, ketiga, keempat dari yang bersangkutan (pasien ke-45), kalau memang sempat ada kontak sebelum yang bersangkutan masuk ruang isolasi, dan kita lagi menunggu laporan dari teman-teman surveillance di Bolmut,” jelasnya.

Adapun pasien ke-45 tersebut merupakan laki-laki berusia 46 tahun. Dengan ketambahan satu pasien maka total secara akumulatif di Sulut terdapat 45 orang yang dinyatakan positif tertular Covid-19, 14 orang kemudian sudah dinyatakan sembuh dan 4 orang dinyatakan meninggal dunia.

“Sementara yang sedang dirawat jumlahnya 27 orang dengan perincian di RSUP Prof Kandou merawat 2 orang, RSUD Kotamobagu merawat 6 orang, RS Wolter Monginsidi Teling merawat 8 orang, RSUD Anugerah Tomohon merawat 2 orang, RSUD Liun Kendage merawat 1 orang, RS Siloam Paal Dua merawat 7 orang, serta RSUD Bolmut Boroko merawat 1 orang,” paparnya. (Fernando Rumetor)