Di Bolsel, Bantuan Langsung Tunai Bersumber dari Dana Desa Mulai Disalurkan

oleh -
Tampak Bupati Bolsel bersama Wabup saat menyalurkan BLT tahap pertama yang bersumber dari dandes kepada warga di Desa Dudepo, Kecamatan Bolaang Uki. (FOTO: Istimewa)

BOLSEL – Penyaluran program bantuan langsung tunai (BLT) tahap pertama yang bersumber dari dana desa (Dandes) mulai direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui dana desa (Dandes).

Secara perdana, penyaluran bantuan yang diperutukkan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19 ini pun, secara langsung dilakukan Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid dan Sekretaris Daerah (Sekda), Marzanzius Arvan Ohy kepada 35 kepala keluarga yang ada di Desa Dudepo Barat, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis (30/4/2020).

Bupati menyampaikan, para penerima BLT dandes ini adalah masyarakat yang tidak termasuk penerima PKH dan PBPNT sebagaimana regulasinya. “Bantuan ini juga diberikan kepada lansia, masyarakat yang punya penyakit kronis, hingga warga yang terkena pemberhentian kerja atau PHK karena pandemi Covid-19 ini,” ungkap Kamaru.

Lanjut orang nomor satu di tanah Totabuan bangian selatan ini, dalam waktu dekat semua desa di Bolsel akan langsung menyerahkan BLT dandes. Dia menegaskan jika data penerima BLT Dandes ini, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Di Bolsel masih ada 4.000-an kepala keluarga yang masuk dalam DTKS, tapi bukan penerima PKH dan PBPNT. “BLT ini tahap pertama April, Insya Allah tahap berikutnya seminggu sebelum lebaran akan disalurkan,” tegas Kamaru.

Harapannya, dengan adanya BLT dengan nilai masing-masing KK sebesar Rp600.000, dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama masa Pandemi Covid-19 ini. (Irfani Alhabsyi)