Tindak Lanjuti Surat Kemendikbud, Siswa SD dan SMP di Bolsel Ujian dari Rumah

oleh -
Potret siswa SD. (FOTO: Istimewa)

BOLSEL – Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), maka pelaksanaan untuk ujian semenster sekolah dan ujian nasional untuk tingkat SD dan SMP sederajat tahun ajaran 2019-2020, akan dilaksanakan di rumah masing-masing setiap siswa.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bolsel, Rante Hattani. Dia mengatakan, metode pelaksanaan ujian diatur dalam SE Disdik Nomor 302/C.01/DIK/BOLSEL/IV/2020.

Dalam SE itu tertuang kebijakan pelaksanaan ujian sekolah dan ujian kenaikkan kelas jenjang SMP dalam masa darurat Covid-19 2020. “Soal ujian diberikan dalam bentuk penugasan. Semua soal mata perlajaran di antar guru kepada siswa di rumah. Mereka diberi waktu untuk mengerjakannya di rumah dan akan dijemput kembali oleh panitia ujian di rumah masing-masing,” ujar Rante, Minggu (3/5/2020).

Untuk Ujian sekolah dan semester, kata dia, dimulai sejak Senin (27/4/2020) awal pekan sampai 3 Mei 2020 nanti, termasuk penjemputan dilakukan hari itu juga. “Jadi siswa dan siswi memang mengisi soal mereka di rumah, namun diberikan waktu,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Diksar) Disdik Bolsel Idwan Ladjolai mengatakan, peserta ujian sekolah SMP di Bolsel sebanyak 1.244 siswa.
Awalnya, pelaksanaan ujian sudah disiapkan akan dilaksanakan di sekolah dengan sistem UNBK. “Namun, karena kondisi sekarang sehingga metodenya diubah, menyesuaikan dengan Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang metode pelaksanaan ujian ditengah darurat Covid-19,” tuturnya.

Hal itu, jelas dia, berlaku untuk ujian SD.
Metodenya sama, soal ujian akan diantar ke rumah masing-masing siswa oleh panitia dan dijemput kembali. “Namun pelaksanaannya setelah ujian sekolah SMP,” tegas Idwan. (Irfani Alhabsyi)