Kumendong: Kabar Gubernur Olly Main Jet Ski di Pulau Lihaga Hoaks

oleh
Wakil Gubernur Steven Kandouw menyerahkan bantuan sembako untuk nelayan di pesisir pantai utara dalam giat baksos bersama Forkopimda Sulut. (Istimewa)

MANADO – Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut Jemmy Kumendong memberikan penjelasan soal kabar Gubernur Olly Dondokambey dan Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw main jet ski di Pulau Lihaga pada Kamis pekan lalu.

Keduanya disebut mengabaikan imbauan Work From Home (WFH) di tengah situasi pandemi virus korona (Covid-19).

“Itu tidak benar. Itu kabar hoaks, karena tidak seperti itu yang terjadi,” ungkap Kumendong, Senin (11/5/2020).

Kumendong menjelaskan, kabar benar atau faktanya yaitu, pada pekan lalu, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, mengikuti bakti sosial Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut pesisir di pantai utara.

Wagub Kandouw menyalurkan bantuan dalam kegiatan Baksos Forkopimda Sulut di pesisir pantau utara. (Istimewa)

Lanjut Kumendong, hadir juga dalam baksos Forkopimda itu, yakni Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Santos Matondang, Kapolda Sulut, Irjen Pol Royke Lumowa, Danlantamal VIII Sulut, Brigjen TNI Donar Philip Rompas dan Komandan Lanud Sam Ratulangi, dan Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.

“Awalnya rombongan bertolak dari Manado, tepatnya di belakang gedung Youth Center Megamas, lalu menyisir jalur laut menggunakan speed boat dan jet ski menuju wilayah pantai utara, yakni Kabupaten Minsel, Bolmong dan Bolmut,” tuturnya.

Ketika di Bolmut, bansos diserahkan di pinggir pantai wisata Pinagut Boroko, dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama pemerintah dan masyarakat Bolmut di Rumah Dinas Bupati Bolmut.

Wagub Kandouw kesempatan itu, mengapresiasi TNI dan Polri yang peduli kepada masyarakat terdampak Covid-19 hingga menemui langsung masyarakat Bolmut dan daerah lainnya di pesisir pantai utara.

“Bersyukur kegiatan ini boleh terlaksana. Dan ini murni ide dari Forkopimda, TNI Polri. Saya selaku Wakil Gubernur mengapresiasi kepedulian TNI Polri karena ini menandakan bahwa penanggulangan covid-19, adalah gerakan gotong royong, dengan harapan Covid-19 ini segera berakhir,”  ungkap Kandouw.

Sebelumnya, Bupati Bolmut Depri Pontoh mengapresiasi kunjungan dan bantuan dari Forkopimda Sulut kepada masyarakat Bolmut yang terdampak Covid-19.

“Ini menandakan betapa pedulinya Forkopimda Sulut kepada masyarakat, dan semoga kunjungan ini dapat dilakukan secara terus menerus,” kata Pontoh.

Wagub Kandouw dan jajaran Forkopimda juga membagikan sembako bagi masyarakat di Amurang, Minsel dan Lolak Bolmong.

Di Kabupateb Minsel, rombongan disambut Bupati Minsel, Tetty Paruntu.

Adapun pembagian sembako dilakukan di tengah laut yang disambut antusias para nelayan di atas perahu di pelabuhan UPP Kelas II Amurang. (Rivco Tololiu)