Posko Tanpa Portal, Kelurahan Walian Tomohon Tetap Jalankan Protap

oleh -
Relawan lengkap dengan APD berjaga di posko. (FOTO: Istimewa)

TOMOHON— Seluruh kelurahan di Kota Tomohon mulai menggalakkan posko relawan Covid-19. Tidak hanya pembentukan tim relawan, mayoritas kelurahan yang ada juga membentengi pintu masuk wilayah masing-masing dengan portal.

Namun hal berbeda dilakukan Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan. Posko yang terletak persis di Kantor Kelurahan tidak ada portal.

Lurah Kelurahan Walian Jeffry Tumanduk yang turut langsung terlibat dengan aktivitas di posko relawan Covid-19 Kelurahan Walian menuturkan, ini dimaksud agar tidak mengganggu akses lalu lintas. “Posko relawan Kelurahan Walian tidak menggunakan portal untuk menutup jalan, tapi tetap memberlakukan protokol pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan surat kewaspadaan Covid-19 bagi tamu pendatang dari luar Kota Tomohon yang akan beraktivitas di dalam kelurahan,” jelas Tumanduk Jumat(15/5/2020).

Dia menuturkan, tidak menggunakan portal dengan pertimbangan bahwa Kelurahan Walian dilewati ruas jalan yang cukup padat. “Sehingga jika menggunakan portal akan sangat menghambat arus lalu lintas dan mengakibatkan kemacetan. Yang pasti protokol kesehatan tetap di laksanakan,” lanjutnya.

Keberadaan relawan setiap hari ada ketua tim penjagaan posko dan terbagi dari dua shift jaga. “Setiap shift terdiri dari PKK, Kader Kesehatan, Kader KB, LPM dan Karang Taruna, mereka dibantu beberapa perangkat, tentunya setiap tim yang bertugas dilengkapi alat pelindung diri (APD). Tentunya kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, diharapkan lewat ini setiap ada orang baik yang hanya melintas maupun akan berkunjung di kelurahan bisa mengikuti ketertiban yang ada,” tukasnya. (Wailan Montong)