Pasien Positif Korona Asal Minahasa Tenggara Bukan Tertular dari Perawat Rumah Sakit

oleh -
Gloria Wuwungan, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Mitra. (FOTO: Istimewa)

RATAHAN- Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kini mengantongi satu pasien terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19) yang merupakan kasus pertama dan telah diumumkan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut, Selasa (19/5/2020).

Sempat beredar informasi, pasien laki-laki asal Kecamatan Belang ini, tertular dari perawat rumah sakit dimana dirinya sempat dirawat dengan keluhan sakit lain. Akan tetapi, informasi tersebut dibantah keras Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mitra, Gloria Wuwungan, Rabu (20/5/2020).

“Kami tidak membenarkan informasi bahwa pasien tersebut tertular dari perawat yang ada di rumah sakit. Karena tidak terbukti kebenarannya,” ujar Wuwungan.

Dia menjelaskan, pasien tersebut adalah pasien terkonfirmasi positif dan memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi lokal.

“Pasien masuk 9 Mei dengan diagnosa App akut, dan dilakukan operasi laparatomi pada l 10 Mei. Pada 11 Mei pasien ditetapkan sebagai PDP berdasarkan hasil foto thorax dan dilakukan pemeriksaan swab pada saat itu. Akan tetapi hasil pemeriksaan swab baru keluar pada 19 Mei,” terangnya.

Dia pun berharap kepada semua pihak termasuk semua masyarakat untuk tidak menyebarkan berita yg tidak dapat dipertanggungjawabkan agar tidak merugikan pihak mana pun. “Jangan memperkeruh situasi dengan menyebar informasi keliru,” timpalnya. (Marvel Pandeleke)