Gubernur Ajak Kabupaten/Kota Terus Bersinergi, Pastikan Kehadiran Pemerintah di Tengah Masyarakat

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota untuk terus bersinergi dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Terutama pastikan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” ungkap Olly, Jumat (22/5/2020).

Dia mengaku pelaksanaan pembangunan saat ini sangat dipengaruhi oleh kondisi global dengan adanya pandemi Covid-19.

“Kita belum tahu atau dapat memprediksi secara pasti hingga saat ini, kapan tren kurva epidemiologi kasus korona ini menurun. Belum tahu pasti kapan virus ini berakhir,” ungkapnya.

Dia mengajak semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita tidak bisa berhenti dalam menyelenggarakan pemerintahan akibat dampak Covid-19. Kita harus tetap bersama-sama dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita,” tuturnya.

Kondisi saat ini, kata Olly, kehadiran pemerintah di tengah masyarakat sangat dibutuhkan. Seperti soal penyaluran bantuan sosial maupun menyiapkan jaring pengaman ekonomi yang ada.

“Inilah yang saya kira harus kita laksanakan secara bersama untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab. Koordinasi harus dilakukan rutin baik dengan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” sebutnya.

Gubernur juga berharap masyarakat agat tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kasus positif terus bertambah. Itu tandanya proses penularan masih terjadi. Mari kita disiplin dalam penerapan physical distancing (jaga jarak), hindari keramaian, rajin cuci tangan, gunakan masker dan tetap menjaga kesehatan. Mari kita lindungi diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai,” tandasnya. (rivco tololiu)