Pasien Positif Korona Asal Girian Bitung Tidak Ada Riwayat Perjalanan

oleh -
dr Jeaneste Watuna, Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Bitung. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Kota Bitung ketambahan kasus positif korona (Covid-9). Satu dari 29 orang
positif korona di Sulawesi Utara yang diumumkan Minggu (24/5/2020), adalah warga di Kecamatan Girian, Kota Bitung yakni perempuan umur 59 tahun.

Hal ini disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Bitung dr Jeaneste Watuna.
Menurut Watuna, pasien 212 tersebut sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang naik statusnya menjadi terkonfirmasi positif. “Perempuan berumur 59 tahun ini asal Kecamatan Girian, sudah dirawat sejak 17 Mei di RSUD Manembo-nembo Bitung dengan penyakit darah tinggi, gula serta peneumonia yang kemudian langsung ditetapkan sebagai PDP.
Setelah terkonfirmasi positif, kami langsung melakukan penyelidikan lebih mendalam, tapi informasi terakhir yang kmai terima dari tim Dinas Kesehatan, pasien ini bukan pelaku perjalanan, juga bukan kontak erat dari pasien positif Covid-19,” ungkapnya, sambil mengingatkan, agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

“Kasus ini memberikan tanda awas, dengan adanya kasus pasien ini. Kami mengimbau, agar warga tetap mengikuti anjuran pemerintah, penyakit ini sudah semakin dekat dengan kita, harus wapada sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, dengan bertambahnya satu pasien terkonfirmasi positif, maka pasien positif Covid-19 di Kota Bitung berjumlah Enam Orang, Lima dalam perawatan dan satu sembuh,”tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung ini mengingatkan kembali dan mengajak seluruh masyarakat untuk pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, hindari perkumpulan yang mendatangkan banyak orang, serta di rumah saja, sambil memohon kepada Tuhan, agar bencana ini cepat berlalu. (Yappi Letto)