Satu Warga Desa Tadoy Bolmong Perjalanan dari Ternate Positif Covid-19

oleh -
Potret penanganan pasien korona. (FOTO: Istimewa)

BOLMONG– Penularan corona virus disease 2019 (Covid-19) di Sulawesi Utara (Sulut) masih terus terjadi.

Tim Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencatat, hingga Selasa (26/05/2020), Sulut bertambah 25 kasus baru positif terkonfirmasi Covid-19. Sehingga secara akumulatif total pasien positif Covid-19 di Sulut menjadi 264.

Salah satu dari 25 kasus baru tersebut berasal Bolaang Mongondow (Bolmong). Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bolmong, dr Debby Chintya Dewi Kulo mengatakan, terkait dengan apa yang diumumkan oleh Gugus Tugas Provinsi Sulut, bahwa pada hari ini, ada pasien asal Bolmong yang konfirmasi positif Covid-19.

“Pasien-248, perempuan 36 tahun alamat Karti Tanda Penduduk (KTP) Desa Tadoy, Kecamatan Bolaang Timur. Pasien adalah pelaku perjalanan dari Ternate, sekarang berada di rumah singgah Maumbi, telah dilakukan rapid test oleh Dinkes Provinsi dan hasil rapid reaktif. Dilanjutkan pengambilan swab, dan hari ini hasil swab positif,” ujarnya Selasa (26/5/2020) malam.

Lanjut dia, sampai saat ini pasien masih berada di rumah singgah Maumbi. Terkait pasien-248 tersebut, Gugus Tugas Kabupaten Bolmong telah berkoordinasi dengan provinsi untuk melakukan tracing ke alamat pasien.

“Besok Dinkes akan melakukan tracing lewat kepala puskesmas, camat dan sangadi. Diharapkan kepada masyarakat agar tetap tenang, jangan panik. Tetap menjalankan protokol kesehatan jika harus berada di luar rumah, seperti pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan,” imbaunya.

Sekadar diketahui, sebelumnya, pasien-141 Covid-19 merupakan kasus Covid-19 pertama di Bolmong itu adalah seorang perempuan, 54 tahun, warga Pindol, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong. Sehingga, secara akumulatif, pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Bolmong saat ini sudah dua orang. (Ebby Makalalag)