Rapid Test KERT Pasien Asal Talaud di Kota Bitung Nonreaktif

oleh
Konferensi Pers Gugus Tugas Covid-19 Kota Bitung, Rabu (27/5/2020). (FOTO: Istimewa)

BITUNG– Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pemberantasan Covid-19 Kota Bitung, Franki Ladi didampingi Sekretaris dr Jeaneste Watuna dan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Bitung, Rudy Wongkar memaparkan informasi pelaksanaan rapid test kepada warga yang memiliki Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT) dengan pasien positif yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Talaud dalam konferensi pers, Rabu (27/5/2020).

“Informasi yang kami terima pasien positif asal Kabupaten Kepulauan Talaud memiliki KERT dengan kelurganya di Kota Bitung tapatnya salah satu Kelurahan di Kecamatan Maesa dan salah satu lokasi di Kecamatan Girian. Karena itu, kami langsung melakukan rapid test pada lokasi dimaksud, dan dari beberapa orang diperiksa. Puji Tuhan, hasilnya nonreaktif,”ujar Ladi.

Asisten 1 Setda Kota Bitung ini berharap, tidak ada lagi kasus serupa. Karena itu, warga Kota Bitung diminta mematuhi anjuran pemerintah, gunakan masker, rajin cuci tangan di air mengalir dan hindari perkumpulan. Ladi juga menambahkan, untuk bantuan bantuan sosial tunai (BST) untuk lansia akan diberikan kepada seluruh lansia Kota Bitung tanpa memandang status sosial.

“Tahap pertama telah disalurkan kepada lansia sebanyak 1.153 untuk tambahannya sementara diverifikasi Dinas Sosial. Kami harap ini berjalan dengan baik,”tuturya.

Sementara, Kalaks BPBD Kota Bitung, Rudy Wongkar menambahkan, terkait bansos masih tetap disalurkan bagi warga yang belum menerima, sambil menunggu data-data tambahan dari Kelurahan. “Sampai hari ini sudah tersalur 35.726 paket, kami masih menemukan data dilapangan yang butuh perubahan, tapi paket bansos tetap ada untuk warga yag belum menerima,”ujarnya. (Yappi Letto)