Gubernur Olly dan Rektor Unsrat Bahas Penambahan Lab PCR di Sulut

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Istimewa)
MANADO – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal ketambahan satu Lab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memeriksa sampel pasien Covid-19.
Hal tersebut terkuak saat Gubernur Olly Dondokambey melakukan video conference bersama Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ellen Kumaat, Senin (1/6/) lalu.
 
Gubernur Olly mengapresiasi dukungan Unsrat Manado dalam penanganan Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai.
 
Kata Olly, dari hasil diskusi bersama Rektor Unsrat tersebut dijelaskan bahwa fasilitas yang ada di Unsrat dapat ditingkatkan menjadi tempat pemeriksaan sampel Covid-19.
 
“Sulut memamg butuh penambagan Lab PCR. Pasalnya, saat ini baru ada dua lab pemeriksaan sampel Covid-19, satu di RSUP Kandou dan satunya di Balai Pusat,” ungkap Olly, Selasa (2/5/2020).
 
Dia menjelaskan, lab di Balai Pusat menjadi wilayah regional di wilayah Timur yang mencakup daerah Maluku Utara dan sekitarnya.
 
“Sehingga hasil PCR yang ada jadi menumpuk di Balai Pusat. Padahal sehari dapat memeriksa 80-90 sampel,” tuturnya.
 
Lanjut dia, begitu juga lab di RSUP Kandou yang masih sangat terbatas.
 
“Makanya saya hubungi Rektor Unsrat, dan ternyata di sana bisa. Adanya penambahan lab PCR tentu sangat penting, agar kita cepat mendeteksi dan mengambil tindakan dalam penanganan Covid-19,” tandasnya. (rivco tololiu)