Satu Warga Sitaro Positif, Kini Semua Kabupaten/Kota di Sulut “Dihantui” Virus Korona

oleh -
Potret penanganan pasien korona. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Setelah sebelumnya hanya ada 14 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19, kali ini Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) juga tercatat miliki satu pasien Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel saat konferensi video bersama wartawan yang juga disiarkan secara langsung lewat akun Youtube Pemprov Sulut.

“Kasus 1.050 adalah perempuan 60 tahun asal Kepulauan Sitaro, ini adalah pasien pertama yang terlaporkan berasal dari Kep Sitaro,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan, Minggu (28/6/2020).

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Dandel mengatakan bahwa pasien tersebut saat ini tengah dirawat di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di Sulut.

“(Sementara dirawat) RSUP Kandou,” jawabnya singkat kepada wartawan SINDOMANADO.COM.

Dengan adanya satu pasien asal Sitaro tersebut, maka saat ini 15 kabupaten/kota yang ada di Sulut “dihantui” Covid-19.

Adapun, hingga minggu ini, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 1.056 kasus, dengan rincian 177 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, 78 orang meninggal, serta 801 orang sementara dilakukan pemantauan dan perawatan.

Untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) se-Sulut sendiri sebanyak 247 orang, sementara pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 331 orang. (Fernando Rumetor)