Soal Tambang Bakan, Anggota DPRD Bolmong Dapil Lolayan Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

oleh -
Ratusan masyarakat saat melakukan aksi demo beberapa waktu lalu. (FOTO: Ebby Makalalag)

BOLMONG – Anggota Legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Daerah Pemilihan Lolayan, Febrianto Tangahu berjanji akan mengawal aspirasi Aliansi Masyarakat Desa Bakan (AMDB).

Dikatakannya, melalui surat keputusan eksekutif dan legislatif dimana dalam pekan ini akan menyelesaikan permasalahaan tambang emas di Desa Bakan.

“Saya satu minggu ke depan akan fokus kawal aspirasi penambang blok Bakan bersama dengan teman-teman DPRD Bolmong,” tegasnya, Selasa (30/6/2020).

Dia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dan Provinsi Sulawesi Utara untuk kiranya dapat memperhatikan aspirasi masyarakat tersebut. “Saya mendorong dan mendukung pihak pemerintah untuk usulan WPR tambang di Kecamatan Lolayan dan Bolmong pada umumnya kepada Pemerintah Provinsi Sulut,” ujar Anto, sapaan akrabanya.

Dia mengatakan, dirinya tahu betul kondisi masyarakat Lolayan, dimana mayoritas warga berprofesi sebagai penambang. “Mereka hidup dari hasil tambang, termasuk saya hidup dari tambang,” kata Tangahu yang juga Sekretaris Fraksi NasDem Bolmong.

Terpisah, Asisten 1 Pemkab Bolmong, Deker Rompas menegaskan, sikap Pemkab Bolmong masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menanggapi aspirasi masyarakat Desa Bakan.

“Hasil kesepakatan bersama tadi diberi waktu satu Minggu kedepan, dalam menanggapi lima poin aspirasi masyarakat desa Bakan. Tentu kami masih berkoordinasi dengan instansi terkait,” tutupnya. (Ebby Makalalag)