Bertemu dengan Kepala Dinkesda Sulut, Tim BNPB Lakukan Assessment Akhir Lab PCR di Sulut

oleh -
Tim BNPB berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr Debie. K.R Kalalo dan Konsultan Laboratorium PCR Covid 19 Gugus Tugas Covid 19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dr Janno Bernadus, Mbiomed.(FOTO: Istimewa)

MANADO- Seperti yang disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr Steaven Dandel pada Kamis (2/7/2020), pada hari ini pihaknya kedatangan tim khusus dari Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Kedatangan tim khusus itu guna mengakselerasi dan mempercepat proses peningkatakan kapasistas pemeriksaan di beberapa laboratorium (Lab) pemeriksa reverse transcription-polymerase chain reaction (RT-PCR) yang ada di Sulut.

“Proses percepatan peningkatan kapasitas Lab Pemeriksa RT-PCR di Sulut terus dikebut. Hari ini tim dari Gugus Tugas Nasional/Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkunjung ke Sulut,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima wartawan SINDOMANADO.COM, Jumat (3/7/2020).

Lanjut dia, kedatangan tim itu lebih khusus untuk melakukan assessment akhir (Penilaian akhir) terkait kondisi lapangan di Lab PCR yang ada di Bumi Nyiur Melambai ini. “Sebelum alat-alat bantuan dikirimkan,” tandasnya.

Diketahui, dalam konferensi pers secara daring beberapa waktu lalu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkesda Sulut itu mengatakan, akan ada bantuan alat-alat seperti PCR dan Biosafety cabinet (BSC) dari BNPB yang dialokasikan bagi Sulut.

“Untuk menambah kapasitas PCR di Sulut. Kita berharap dengan adanya bantuan BNPB ini, kapasitas (pemeriksaan) bisa kita tingkatkan secepat mungkin, sambil menunggu dua Lab lainnya beroperasi,” bebernya waktu itu.

Dengan kedatangan alat-alat PCR maupun BSC dari BNPB dalam waktu dekat ini, tentunya akan sangat membantu proses pemeriksaan sampel swab di Sulut, serta diharapkan dapat memeriksa 1.000 sampel swab per harinya.

Adapun, tim BNPB telah bertemu secara langsung dengan Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo, serta Konsultan Lab PCR Covid-19 Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Janno Bernadus pada hari ini guna membahas terkait hal ini. (Fernando Rumetor)