Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Pemprov Fungsikan Gedung Kitawaya dan Bapelkes Jadi RS Rujukan

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey saat memantau kesiapan gedung Kitawata untuk dijadikan tempat perawatan pasien Covid-19. (Istimewa)
MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan langkah antisipasi menyikapi terus bertambahnya kasus Covid-19.
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw menyiapkan gedung Kitawaya dan Bapelkes untuk difungsikan sebagai rumah sakit (RS) rujukan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Joy Oroh mengatakan, izin operasional kedua gedung tersebut tinggal menunggu dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).
“Gedungnya sudah direnovasi khusus untuk tempat rawat pasien Covid-19. Operasionalnya tinggal menunggu izin Kemenkes. Mungkin dalam waktu dekat ini,” ungkap Oroh, Kamis (9/7/2020).
Oroh menyebut, gedung Kitawaya di Kairagi mempunyai kapasitas sebanyak 200 tempat tidur. Begitu juga Bapelkes di Malalayang mempunyai 150 tempat tidur.
“Dua tempat tersebut akan menjadi RS rujukan. Peralatan medisnya sudah siap. Ini antisipasi karena kasus Covid-19 tercatat terus meningkat,” tuturnya.
Dia mengakui, jika nantinya dua gedung tersebut sudah beroperasi sebagai RS rujukan, pastinya akan membantu ringankan beban RS rujukan sekarang baik milik pemerintah dan swasta. (rivco tololiu)