265 Jajaran Bawaslu Bolmong Lakukan Rapid Test

oleh
Tampak Jajaran Bawaslu Bolmong Saat menjalani Rapid Tes di puskesmas setempat. (FOTO: Ebby Makalalag)

BOLMONG – Meski di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak  2020, terus bergulir.

Menghadapi itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar rapid test. Bertempat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Inobonto I dan Puskesmas Pangian, sejak 13 hingga 14 Juli 2020, sebanyak 265 Jajaran Bawaslu Kabupaten Bolmong jalani rapid test.

Mereka masing-masing Komisioner Bawaslu Bolmong, Koordinator Sekretariat (Korsek), Bendahara, staf, panwaslu kecamatan hingga panwaslu kelurahan/desa.

Ketua Bawaslu Bolmong Pangkerego mengatakan, kegiatan rapid test yang dilakukan ini sebagai upaya untuk memastikan seluruh jajaran pengawas pemilu benar-benar bebas Covid-19, sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Tujuannya untuk memastikan semua pengawas Pemilu bebas dari Covid-19. Kemudian menjaga agar di jajaran kita dapat memberikan hasil yang baik pada saat pelaksanaan Pilkada berlangsung,” kata Pangkerego, Rabu (15/7/2020).

Kegiatan rapid test ini begitu penting untuk dilakukan guna memberikan perlindungan yang maksimal bagi jajaran Bawaslu dari paparan  Covid-19.

“Bawaslu Bolmong akan menyiapkan alat pelindung diri (APD) agar pada saat pelaksanaan tahapan, agar semuanya berjalan lancar dan tidak mudah sakit,” ujarnya.

Koordinator Divisi (Koordiv) Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bawaslu Bolmong Jerry S Mokoolang berpesan bagi jajaran Bawaslu, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, tetap menjalankan tugas sesuai protokol kesehatan pemerintah.

“Pengawas adhoc tetap bersinergi dan saling koordinasi antar sesama penyelenggara Pemilu yang lainnya untuk tetap protokol kesehatan Covid-19,” imbaunya.

Dengan dilakukan rapid test ini, dapat menjamin masyarakat se-Kabupaten Bolmong merasa lebih aman dan tenang saat jajaran Bawaslu menjalankan tugas di lapangan.

“Sudah menjadi kepatuhan kami selaku anggota Bawaslu dalam menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, sekaligus merupakan perwujudan integritas Bawaslu Bolmong dalam pelaksanaan Pilkada,” jelasnya.

Sementara itu Koordiv SDM, Organisasi, Data dan Informasi Bawaslu Bolmong Erni Mokoginta berharap pada masa pendemi ini, seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan hingga Penwaslu Kelurahan/Desa agar saling mengingatkan untuk mengupayakan diri masing-masing kemudian menjadikan kesehatan sebagai perhatian utama, agar semua proses tahapan pilkada berjalan dengan baik.

“Semoga hingga berlangsungnya Pilkada 9 Desember mendatang kita dalam keadaan sehat dan senantiasa dilindingi Tuhan Yang Maha Kuasa,” tukasnya. (Ebby Makalalag)