Pemkab Bolsel Siapkan Dapur Umum, Warga Saling Gotong Royong Bantu Sesama

oleh -
Tampak salah satu komunitaa pemuda di kecamatan Bolaang Uki saat membangikan bantuan makanan dan minuman kepada warga yang terkena sampak banjir.  (FOTO:Istimewa)

BOLSEL – Di tengah musibah bencana alam banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Bolsel Jumat (24/7/2020) hingga menjelang malam ini, pastinya membuat ratusan bahkan ribuan warga yang terdampak banjir diperhadapkan dengan masalah kebutuhan makanan, minuman, pakaian bahkan tempat untuk berteduh.

Hal ini pun secara cepat dan tanggap difasilitasi oleh pemerintah dan sejumlah komunitas masyarakat yang ada di kabupaten setempat.

Pemkan Bolsel pun telah menyiapkan dapur umum di titik-titik banjir untuk pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman bagi warganya. Bahkan lewat fasilitas ini pemkab menyiapkan personel tanaga dan tim kesehatan untuk warga yang membutuhkan.

Sementara dari komunitas dan sejumlah organisasi kemasyarakatan di daerah setempat pun secara spontan dan tanpa aba-aba sejak siang bahkan malam ini terus bergerak menyusuri setiap warga terdampak musibah untuk membagikan makanan dan minuman guna menguragi beban para korban banjir.

Dari pantauan harian ini, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru bersama dengan Sekda Marzanzius Arvan Ohy dan beberapa Kepala OPD yang dari pagi hingga menjalang malam ini menunjau para korban banjir, turut pula menyempatkan diri untuk meninjau kesiapan salah satu dapur umum yang didirikan oleh Pemkan Bolsel bagi warganya.

Bupati bersama Sekda saat meninjau keaiapan dapur umum bagi korban banjir.  (FOTO: Istimewa)

Harapannya, dengan adanya fasilitas ini, setidaknya dapat meringankan beban warga yang terkena dampak banjir. Utamanya, pada pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman. “pastinya warga membutuhan fasilitas ini. Kita berusaha agar masyarakat yang kena dampak bisa memperoleh makanan di dapur umum ini,” ujarnya.

Dia pun berharap bila ada masyarakat yang ingin membantu untuk kebutuhan bahan makanan dan minuman, namun belum berkesempatan menyalurkannya langsung, bisa diserahkan ke dapur umum selanjutnya pemerintah lewat tim yang ada akan mengolahnya atau menyakurkannya langsung kepada mereka yang membutuhkan. “intinya yang saat ini masyarakat butuhkan, itu yang kita upayakan untuk disiapkan. Utamanya makanan dan minuman,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, salah satu komunitas pemuda di kecamatan Bolaang Uki terpantau membagikan makanan dan minuman kepada warga yang terdampak banjir. Mereka berharap, bantuan ini bisa meringankan saudara-saudara mereka yang tertimpa musibah. (Irfani Alhabsyi)