Ayo Gunakan QlueApp! Masyarakat Bisa Berkontribusi untuk Kemajuan Kota Tomohon

oleh -
Dengan aplikasi Qlue, Anda bisa berkontribusi untuk kemajuan Kota Tomohon. (FOTO: Istimewa)

TOMOHON- Salah satu inovasi telah disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dalam menunjang pelayanan terhadap keluhan masyarakat, dengan menghadirkan aplikasi Qlue. Dimana dengan sistem serba digital, masyarakat bisa ikut serta berkontribusi untuk kemajuan daerah. Berbagai fitur disiapkan lewat aplikasi yang tersedia dalam smartphone ini.

Menghadapi perkembangan zaman yang ada, inovasi demi inovasi terus dilakukan. Terlebih guna mendukung percepatan pelayanan smart city. “Di Kota Bunga sudah tersedia aplikasi Qlue yang bisa menjadi sarana masyarakat Tomohon berkontribusi menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Semisal adanya sampah berserakan, parkir liar, kemacetan dan adanya fasilitas publik yang rusak. Dikelola langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika ini langsung terintegrasi dengan perangkat daerah terkait,” terang Yelly Potuh selaku Kabid Layanan Informasi Publik, Hubungan Media dan Statistik.

Dengan QlueApp, Pemerintah Kota Tomohon bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan akurat, sehingga dapat merumuskan kebijakan kota yang lebih baik untuk pertumbuhan daerah. “QlueApp memiliki kemampuan real-time reporting, geo-spasial mapping dan chat & gamification. Kita bisa melihat setiap laporan masyarakat karena tertera di beranda, pelapor juga bisa mengirimkan foto dan video guna menjelaskan laporan,” urai Potuh, Selasa (28/7/2020).

(FOTO: Istimewa)

Tidak hanya itu, guna menunjang keakuratan dalam aplikasi ini juga tersedia penanda lokasi untuk mempercepat penanganan keluhan. “Laporan yang dikirimkan pula akan tersimpan dalam sistem dan dilanjutkan ke perangkat daerah terkait. Setiap bentuk laporan ini akan juga akan memberikan notifikasi langsung ke Wali Kota Tomohon, sehingga kepala daerah bisa terus memantau sejauh mana penanganannya,” tukasnya.

Berikut langkah-langkah penggunaan aplikasi Qlue :
• Download aplikasi QlueApp di smartphone Anda
• Registrasi akun QlueApp Anda dengan mengikuti petunjuk pengisian data diri
• Apabila sudah masuk, pilih tanda (+) di bagian bawah layar, ambil foto/video, pilih kategori laporan kemudian tambahkan caption untuk mengirimkan laporan
• Pada menu Beranda, Anda bisa melihat setiap laporan yang telah dikirimkan oleh orang lain.
(Wailan Montong)