Jamin Keamanan dan Kesehatan Pelayanan Publik, Gubernur Instruksi Swab Massal untuk ASN dan THL

oleh -
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Istimewa)
MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berkomitmen memberikan pelayanan prima dan aman bagi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.
Untuk itu, mulai hari ini semua Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemprov Sulut akan dilakukan swab massal.
“Ini salah satu upaya untuk menjamin keamanan dan kesehatan dalam pelayanan publik. Apalagi perangkat daerah yang bersentuhan atau berinteraksi langsung dengan masyarakat,” ungkap Gubernur Olly, Kamis (13/8/2020).
Dia menyebut, swab massal akan dilakukan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sulut untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Ini dilakukan agar masyarakat yang datang ke kantor-kantor pemerintahan bisa merasa aman. Setiap perangkat daerah memang sudah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya.
Sementara itu, berdasarkan surat 440/20.7580/Sekr-BKD yang ditandatangani Asisten III Bidang Administrasi Umum Asiano Gammy Kawatu, bahwa dalam rangka upaya pencegahan Covif-19 di lingkungan tempat kerja dan demi kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di semua OPD di lingkungan Pemprov Sulut, maka akan dilakukan Swab test Covid-19 kepada seluruh PNS dan THL.
Itu akan dilaksanakan di OPD masing-masing. Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut juga telah memastikan menyiapkan layanan, dan akan turun ke masing-masing OPD.
“Jadi sehubungan dengan hal tersebut, dimintakan kepada semua Kepala OPD untuk menugaskan PNS dan THL untuk dapat mengikuti pelaksanaan swab test,” jelasnya.
“Juga setiap OPD dimintakan untuk dapat menyediakan daftar hadir manual yang akan dikoordinasikan oleh kepala sub bagian kepegawaian dan hukum atau kepala sub bagian tata usaha masing-masing sesuai dengan jadwal test sebagaimana terlampir,” tandas Kawatu. (rivco tololiu)