Moch Syahrul: Minimal Delapan Kursi di DPRD Untuk Usung Paslon di Pilkada Manado

oleh
Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Manado Moch Syahrul, (FOTO: Istimewa)

MANADO- Partai Politik (Parpol) dan atau Parpol gabungan minimal harus memiliki delapan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado untuk bisa mengusung Pasangan calon (Paslon) di Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado 2020.

“Untuk mengusung Paslon, minimal memperoleh paling sedikit delapan kursi DPRD Kota Manado atau memperoleh suara sah paling sedikit 64.273 dan berlaku bagi parpol yang memperoleh kursi di DPRD Kota Manado hasil Pemilu 2019,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Manado Moch Syahrul, saat membawahkan materi pada Sosialisasi Pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020, di  Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Minggu (16/8/2020).

Menurut dia, nanti kami akan umumkan pendaftaran paslon pada 28 Agustus – 3 September 2020 dan untuk pendaftaran 4-6 September 2020. Setelah pendaftaran ada tahapan verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon 4-22 September 2020.

“Tahapan pencalonan salah satu tahapan krusial. Sebab itu, tahapan pencalonan wajib kami sosialisaikan, ini untuk semua termasuk ormas, media dan lainnya. Kami berharap Pilkada 2020 bisa berjalan dengan baik walau di masa pandemi,” harap dia.

“Kami menyediakan helpdesk yang bertempat di Kantor KPU Manado, jika ingin menanyakan terkait syarat calon bisa langsung datang ke kantor menghubungi helpdesk,” pungkas dia. (valentino warouw)