Dibuka Jokowi, Kandouw Ikut Acara Puncak Haornas ke-37 Secara Virtual

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat mengikuti puncak Haornas ke-37 secara virtual di Kantor Gubernur Sulut. (Istimewa)

MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengikuti Acara Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 yang dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (9/9/2020).

Haornas kali ini mengangkat tema Sports Science, Sports Tourism, dan Sports Industry.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meminta stakeholder olahraga tak pernah pesimistis dengan potensi Indonesia.

Dia meyakini bahwa tidak masuk akal bila Indonesia sebagai negara besar kekurangan calon atlet.

“Ingat penduduk kita 270 juta lebih dan mayoritas generasi muda, sangat tidak masuk akal jika kita kekurangan calon atlet yang berbakat, pasti jutaan yang berbakat,” kata Jokowi.

“Kalau kurang calon (atlet), pasti yang salah manajemennya, bukan kekurangan bakatnya, oleh karena ini sistem pembinaan atlet nasional sekali lagi harus ‘direview’ total,” lanjutnya.

Menurut Presiden Jokowi, pembinaan atlet harus memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

“Bukan hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis ‘science’ tapi juga manajemen pelatihan yang lebih baik. Kembangkan sistem informasi dan ‘big data analytic’ yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas,” katanya.

Menurut Presiden Jokowi, pembinaan atlet harus memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

“Bukan hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis ‘science’ tapi juga manajemen pelatihan yang lebih baik. Kembangkan sistem informasi dan ‘big data analytic’ yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas,” tukasnya.

Acara puncak Haornas ke-37 turut dihadiri para menteri kabinet Indonesia Maju, pejabat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) serta para atlet. (rivco tololiu)