Resmi Ditutup Tiga Bapaslon Pilgub Sulut Serahkan Perbaikan Dokumen Syarat Calon, KPU Sulut Lakukan Verifikasi Hingga 21 September

oleh -
Penutupan penyerahan dokumen perbaikan syarat calon Pilgub Sulut 2020, Rabu (16/9/2020) Pukul 24.00 Wita. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) resmi menutup penyerahan perbaikan dokumen syarat calon pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020, Rabu (16/9/2020), tepat Pukul 24.00 Wita. Dihadiri Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Komisioner Yessy Momongan, Lanny Ointu, Salman Saelangi, Pimpinan Bawaslu Sulut Ewin Umbola.

Diketahui, ketiga Bakal pasangan calon (Bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yakni, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) diusung oleh PDIP, Gerindra, PKB dan PSI dan didukung oleh Perindo dan PPP. Bapaslon, Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) diusung oleh Golkar, Demokrat dan PAN dan Bapaslon Vonnie Anneke Panambunan (VAP) – Hendry Runtuwene (VAP-HR) diusung Partai NasDem.

Bapaslon OD-SK memasukan dokumen perbaikan syarat calon pada 15 September 2020 sedangkan, Bapaslon CEP-SSL dan VAP-HR memasukan dokumen perbaikan pada 16 September 2020 dan semuanya diawasi langsung oleh Bawaslu Sulut.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, semua sudah menyerahkan dokumen perbaikan untuk Pilgub. Tahapan selanjutnya akan dilakukan verifikasi sampai tanggal 21 September.

“Kami dari KPU Sulut mengucapkan banyak terima kasih kepada ketiga Bapaslon yang sudah menyerahkan dokumen perbaikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” terang dia.

Sementara itu, Bakal Calon Gubernur Sulut Vonnie Anneke Panambunan saat ditemui selesai memasukan perbaikan dokumen menegaskan bahwa semua sudah diserahkan, semua lengkap.

“Semua berkas sudah dilengkapi, puji Tuhan terima kasih kami berdoa kepada Tuhan supaya pada 23 September kami ditetapkan dan bisa maju menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,” tegas dia, didampingi Bakal Calon Wakil Gubernur Hendry Runtuwene dan Sekretaris Partai NasDem Victor Mailangkay.

Terpisah, Sekretaris Golkar Sulut Raski Mokodompit mengatakan, apa yang menjadi kekurangan dari Calon Gubernur Sulut kita CEP dan Wakil Gubernur SSL tentu sudah kami perbaiki. “Semua perbaikan sudah masuk ke KPU Sulut dan kami optimis 23 September CEP-SSL ditetapkan sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,” pungkas dia. (valentino warouw)