Gubernur Ajak Masyarakat Dukung Pilkada Serentak yang Damai dan Sehat

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey menghadiri kegiatan silaturahmi kebangsaan dalam rangka mendukung Pilkada Serentak di Mapolda Sulut. (Istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengajak masyarakat mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang damai dan sehat.

“Mari kita dukung dan tunjang bersama agenda pesta demokrasi ini dengan aman, damai dan sehat. Itu supaya pelaksanaan Pilkada bisa berkualitas,” ungkap Olly saat menghadiri silaturahmi kebangsaan dalam rangka mendukung Pilkada Serentak 2020 yang digelar Polda Sulut di Manado, Senin (22/9/2020).

Olly memberi apresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Polda Sulut tersebut. Dirinya juga mendukung penuh Pikada Serentak yang damai sehingga berdampak positif bagi seluruh masyarakat.

“Kegiatan ini sangat baik, terlebih bagi kita sebagai calon-calon pemimpin daerah agar menyadari bahwa kontestasi itu sangat penting dalam pesta demokrasi. Marilah kita menjual program kita, bukan menjual kejelekkan dari para pasangan calon (paslon),” tukasnya.

Begitu juga masyarakat, kata Olly, harus memprioritaskan kebersamaan dan keamanan di wilayah masing-masing. Terlebih di situasi pandemi Covid-19 harus juga mentaati protokol kesehatan.

“Jangan saling menjelekkan paslon. Pilihlah sesuai keinginan tanpa paksaan,” tukasnya.

Pengamat politik dan pemerintahan Alfons Kimbal menilai, jelang penetapan paslon konstelasi politik terus meningkat.

“Ini hal biasa menjelang Pemilukada. Intinya, setiap paslon juga harus mendukung untuk menciptakan pilkada yang berkualitas,” beber Kimbal.

Dia menyebut, kondisi ini juga mesti disikapi positif oleh masyarakat sebagai pemilih untuk melihat siapa paslon kepala daerah yang layak dipilih.

“Program-program kerja yang ditawarkan paslon pastinya mempunyai nilai tambah menarik pemilih. Semuanya punya kesempatan merebut hati masyarakat,” tandasnya.

Kimbal menambahkan, partai politik (parpol) harus berperan bersama mendukung pelaksanaan pilkada yang damai, aman dan sehat.

“Terlebih mengingatkan para kader, pendukung dan simpatisan, agar tidak melakukan upaya saling menjatuhkan dan saling menjelekkan paslon,” tandasnya.

Silaturahmi kebangsaan turut dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang, Kajati Sulut Andi Iqbal Arief, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda. (rivco tololiu)