Apresiasi Jokowi, Kandouw Beber Peran di Balik Pembangunan Tol Manado-Bitung

oleh -
Steven Kandouw. (istimewa)

MANADO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan secara virtual Tol Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sepanjang 26,35 kilometer (km) dari Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (29/9/2020).

Jokowi merasa puas karena proyek Tol Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sudah rampung dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, Tol Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sudah selesai, sudah rampung. Sekarang sudah bisa menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat,” ungkap Jokowi.

Terkait ini, Steven Kandouw menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meresmikan tol tersebut.

“Salut buat pak Presiden Jokowi yang boleh meresmikan Tol Manado-Bitung, walaupun belum tuntas seratus persen. Setelah sekian lama dinantikan oleh rakyat Sulut, akhirnya proyek raksasa ini diresmikan. Sekali lagi terima kasih pak Jokowi,” ungkap Wakil Gubernur Sulut yang sedang menjalani cuti tersebut.

Kandouw juga ikut membeber figur yang berperan di balik suksesnya pembangunan Tol Manado-Bitung yang menjadi tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara.

Dia menyebut, penggagas dan inisiator tol ini adalah Bapak Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

“Karena sejak 2012 blue print proyek ini sudah digagas oleh SHS. Terima kasih pak Sarundajang,” sebutnya.

Kandouw juga berterima kasih kepada Bapak Olly Dondokambey yang punya peran dan andil besar, sehingga mimpi dan gagasan SHS dapat terwujud.

“Pak Olly lah yang punya andil, sehingga proyek tol ini masuk Blue Book Bapenas, di era beliau sebagai pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI,” bebernya.

Lebih dari itu, kata Kandouw, mungkin banyak yang belum tahu setelah empat tahun disetujui oleh Bappenas, tol Manado-Bitung ternyata tidak diminati oleh investor.

“Tangan dingin pak Olly lah yang berhasil mencari solusi pendanaan tol ini, sekaligus memfasilitir pihak-pihak pelaksana untuk duduk bersama dan sepakat melaksanakan proyek Tol Manado-Bitung. Terima kasihi pak Olly Dondokambey,” tandasnya. (rivco tololiu)