Kukuhkan Laskar Karanji Mekar, Olly Dondokambey Beber Pentingnya Sinergitas Membangun Sulut

oleh -
Olly Dondokambey saat mengukuhkan Laskar Karanji Mekar Manado. (istimewa)

MANADO – Olly Dondokambey, calon gubernur (cagub) Sulut mengukuhkan Laskar Karanji MeKAR Manado di Rumah Perjuangan OD-SK dan AA-RS, Kota Manado, Minggu (11/10/2020).

Kesempatan itu, Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan ini mengatakan soal pentingnya sinergitas antar pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam memacu pembangunan di Bumi Nyiur Melambai.

“Itu menjadi penting agar program-program untuk kepentingan masyarakat bisa direalisasikan,” bebernya.

Mantan legislator Senayan ini menyoroti hambatan pembangunan termasuk pelayanan kepada masyarakat dari tingkat provinsi ke bawah, yang sering terkendala pada persoalan adminstrasi tingkat kabupaten/kota.

Oleh sebab itu, menurutnya, sangat penting adanya kepemimpinan yang bersinergi antara provinsi dan kabupaten/kota.

Ia pun memberikan contoh, hambatan yang terjadi ketika Pemprov Sulut telah berhasil memperjuangkan ke pemerintah pusat untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Ilo-Ilo. Bahkan sampai keluar Keppres untuk pembangunan proyek yang bisa menyelesaikan persoalan sampah di Manado dan Minut ini.

“Ini menjadi satu-satunya di republik tercinta ini, yang disetujui ada Keppres pembangunan sampah regional. Cuma di Sulut. Tidak ada di tempat lain. Sehingga pemerintah pusat sudah siapkan Rp270 miliar untuk membangunnya,” tuturnya.

Namun disayangkannya, katanya, meski sudah empat tahun disetujui, proyek ini mengalami hambatan dalam beberapa tahun, sehingga baru bisa dilakukan peletakkan batu pertama dua minggu lalu.

“Bayangkan hampir tiga tahun tertunda, cuma karena persoalan administrasi, yakni persetujuan dari kepala daerah tingkat dua setempat. Padahal sama-sama sudah tandatangani bersama (sebelumnya). Inilah hambatan yang saya katakan itu,” sebutnya.

“Oleh sebab itu, kenapa sinergitas calon top eksekutif di kabupaten/kota dan Sulut ini sangat penting. Kalau tidak ada hambatan dari atas ke bawah, yang senang kan masyarakat, bukan kita sebagai gubernur atau wali kotanya,” tandas Olly.

Ia mengaku sangat bersyukur, karena pemerintah pusat di bawah Presiden Jokowi sangat peduli dengan Sulut. Apa saja yang diminta untuk pembangunan daerah di Bumi Nyiur Melambai, selalu dipenuhi. (rivco tololiu)